Peliput: Duriani

WAKATOBI, BP – Kabupaten Wakatobi sebagai daerah kepualaun dengan topografi 97 persen laut dan hanya 3 persen daratan. Tentu harus menjadi perhatian semua pihak terkhusus instansi terkait jika dalam menjalankan program mengalami tantangan.

Salah satu contoh, Kantor Imigrasi Kelas III Kabupaten Wakatobi. Sebagai salah satu instansi vertical yang berada di daerah, dikonotasikan sebagai palang pintu negara dalam mengontrol arus masuk warga Negara asing (WNA). Tentu keberadaannya di Wakatobi harus dibekali dengan sarana prasarana memadai.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Kabupaten Wakatobi, Saroha Manullang, melalui tenaga penyusun laporan keuangan dan program, Aris, mengungkapkan meskipun Pemkab Wakatobi telah menghibahkan beberapa item kebutuhan sarana prasarana kantornya. Namun masih ada kebutuhan lain yang tidak kalah pentingnya.

“Wakatobi ini kan daerah kepulauan dengan topografi 97 persen laut dan 3 persen darat. Sehingga kami merasa bahwa dengan kondisi seperti ini, sarana transportasi laut seperti Speed Boad sangat penting bagi kami untuk melaksanakan patroli dalam rangka tupoksi seperti pengawasan keberadaan orang asing dan program lainnya,” ungkap Aris, di Wangi-Wangi Kamis (14/12/2017).

Terkait sarana laut seperti speed boad lanjut Aris, pihaknya pernah ditawarkan Pemkab Wakatobi untuk dipinjam pakaikan. Namun karena kondisi fisik sarana dimaksudkan itu tidak memungkinkan lagi untuk dilakukan perbaikan.

“Kita pernah ditawarkan Pemkab Wakatobi untuk menggunakan sped boad miliknya. Namun setelah kita lihat, kondisinya harus dilakukan perbaikan. Sementara prediksi anggaran untuk perbaikan sudah hamper sama dengan speed boad yang masih baru,” ucap Aris.

Menurut Aris, sarana prasarana sangat penting demi menunjang pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Imigrasi. “Kita berharap bahwa ketika sarana prasarana terpenuhi maka kita telah menghadirkan Negara di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan pelayanan,” ujarnya.

Aris, menambahkan Pemkab Wakatobi telah banyak memberikan kemudahan untuk Kantor Imigrasi Wakatobi. Antara lain menghibahkan lahan untuk pembangunan Kantor Imigrasi, memijam pakaikan bangunan untuk kantor yang ditempati saat ini. Termasuk penawaran untuk menggunakan sarana laut seperti speed boad.

“Disinilah wujud supporting Pemkab Wakatobi kepada Kantor Imigrasi Wakataobi dengan menghibahkan dua lahan ditambah satu gedung kantor eks PDAM dalam memajukan pelayanan keimigrasian kepada masyarakat WAKATOBI,” tutupnya.(*)

Pin It on Pinterest