Peliput: Gustam — Editor: Ardi Toris

PASARWAJO, BP- Lagi, pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Buton bertambah, Rabu (08/07). Kali ini, jumlahnya dua orang, masing-masing dari Kecamatan Wolowa dan Wabula.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 (GTC-19) Kabupaten Buton dr Hayun menyebut kedua pasien merupakan seorang laki-laki dengan umur masing-masing 43 tahun dan 34 tahun.

Jubir GTC-19 Baubau dr Hayun SpA Foto Gustam–BaubauPost

Sebelumnya kedua pasien tersebut berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Buton, dimana salah satu dari pasien tersebut adalah pelaku perjalanan. Sedangkan satunya lagi tidak jelas riwayat kontaknya alias sporadis.

“Masuk (di RSUD-red) dengan keluhan sesak napas. Dipulangkan karena sudah membaik. Dan kita nasehati untuk tetap berada di rumah sampai keluar hasil swabnya,” kata dr Hayun.

Dengan tambahan dua kasus baru tersebut, lanjut dr Hayun, total pasien covid-19 yang masih dalam perawatan di Kabupaten Buton menjadi 34 orang.

dr Hayun juga menyoroti beberapa masyarakat yang keliru dalam menggunakan masker. Kata dia, masih banyak masyarakat yang pada saat menurunkan atau memperbaiki maskernya, memegang bagian tengah masker. Padahal yang seharusnya dipegang di bagian tepi.

“Masih ada praktek pemakaian masker yang keliru di tengah masyarakat. Seperti misalnya saat memperbaiki masker, sebaiknya jangan memegang bagian tengah masker. Tapi di bagian tepi,” saran dr Hayun. (*)

Pin It on Pinterest