Peliput: Duriani
WAKATOBI, BP – Lima belas desa di Kabupaten Wakatobi melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Minggu (13/11).
Lima belas desa itu tersebar disemua pulau di Wakatobi. Di pulau Wangi-Wangi empat desa, pulau Kaledupa satu desa, pulau Tomia tiga desa dan pulau Binongko tujuh desa.
Amatan Baubau Post, pilkades serentak dimulai sejak pukul 08.00 Wita. Dan pencoblosan ditutup pukul 14.00 Wita. Sekaligus dilanjutkan perhitungan perolehan suara calon kepala desa (kades).
Di Desa Kapota Utara Kecamatan Wangi-Wangi Selatan, salah satu desa yang ikut dalam pilkades serentak tahun 2016 diikuti 4 calon. Dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 787.
Dalam perhitungan akhir perolehan suara masing-masing calon, Karimudin, calon nomor urut 2 meraih suara terbanyak yakni 189. Diikuti calon nomor urut 1 yakni La Jiru La Tua sebanyak 108 suara. Kemudian calon nomor urut 4 Kastamin sebanyak 92 suara dan calonnomor urut 3 yakni Muswali sebagai juru kunci dengan total suara 88.
Sedangkan suara tidak sah sebanyak 42 suara. Dengan demikian, suara sah dan tidak sebanyak 519 dan 268 dinyatakan tidak hadir saat pelaksanaan pencoblosan yang ditempatkan di ruangan SDN 1 Kapota.
Eros, salah seorang anggota panitia Pilkades Kapota Utara mengatakan warga Desa Kapota Utara yang tidak sempat menyalurkan hak pilihnyaitu disebabkan sedang berada di luar daerah.
“Dari 787 DPT di Desa Kapota Utara, yang salurkan hak pilihnya sebanyak 519 orang. Ada 268 tidak menggunakan hak pilihnya karena sedang berangkat keluar daerah,” pungkas Eros.
Usai perhitungan akhir perolehan suara calon, simpatisan calon nomor urut 2 yang dinyatakan meraih suara terbanyak sekaligus pemenang dalam pesta demokrasi tingkat desa meluapkan kegembiraannya dengan membunyikan petasan. Bagi simpatisan calon yang belum beruntung lebih memilih pulang ke rumah masing-masing.
Sejumlah personil Polres Wakatobi dibantu anggota Danramil Wangi-Wangi melakukan pengamanan hingga berakhirnya perhitungan suara. (***)

Pin It on Pinterest