Peliput: Zul Ps Editor: Hasrin Ilmi

WANGI-WANGI,BP – Pemerintah Propinsi (Pemprop) Sultra telah menetapkan sebanyak Enam besar juara lomba perpustakaan tingkat Propinsi, salah satunya adalah Kabupaten Wakatobi.

Kepala seksi pengembangan tenaga perpustakaan dan Pemberdayaan Gemar Membaca Dinas Perpustakaan Propinsi Sultra Sofyan Simon, mengatakan untuk level Kabupaten/Kota pihaknya terjun langsung kelapangan.

-Setelah melakukan penilaian, dilakukan foto bersama

Disebutkan sebanyak 6 Kabupaten/Kota yang mendapatkan juara yakni Wakatobi, Kota Baubau, Buton Selatan, Buton Tengah, Bombana, Kolaka, Kota Kendari merupakan pemenang dan masuk enam besar.

” Dari 6 besar ini kita pilih topnya satu, dua dan tiga, ketiganya harapan satu dua dan tiga jadi yang enam ini sudah masuk juara sebenarnya, di atas kertas. Tepi ketika kita verifikasi kelapangan benarkah kondisi yang diisi…!!! Yang diberikan itu kepada kita sebagai kondisi yang sesungguhnya, sehingga kita turun ke lapangan.” katanya.

Ada delapan kriteria dalam penilaian, misalnya, Gedung Perpustakaan, kemudian SK pendirian perpustakaan. Selain itu organisasi dan struktur organisasi, Sarana Prasarana, Standar Koleksi, Standar tenaga pengelolahnya, Terdapat standar anggarannya, terdapat kerjasamanya.

” Itu indikator untuk melihat bahwa desa ini layak ditetapkan sebagai pemenang lomba perpustakaan Desa Kabupaten/Kota tingkat propinsi,” tutupnya beberapa waktu lalu.

Pin It on Pinterest