PASARWAJO, BP – Dalam rangka upaya memutus rantai penyebaran virus Corona atau covid-19m, Polres Buton mengerahkan Water canon miliknya untuk menyemprot cairan disinfektan dalamjumlah besar kebeberapa Fasilitas Umum (Fasum) diwilayah Kecamatan Pasarwajo, Jumat (27/03) .

Kegiatan penyemprotan itu dilakukan bersama Koramil 1314-02 Pasarwajo dan jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Buton. Semua kompak melakukan penyemprotan disinfektan disejumlah tempat umum seperti pasar, bank, tempat keramaian dan masjid.

“Penyemprotan disinfektan pada ditempat keramaian dan sejumlah fasilitas publik dengan menggunakan Watercanon merupakan upaya pencegahan penyebaran virus corona agar tidak menular pada masyarakat,” ungkap Kapolres Buton AKBP Agung Ramos Paretongan Sinaga melalui Wakapolres Buton Kompol La Umuri.

Ia mengatakan, sebelum melakukan penyemprotan disinfektan, pihaknya lebih dahulu menginformasikan kepada para pedagang yang berjualan di pasar untuk sementara waktu menutup jualannya agar tidak terkena cairan disinfektan.

Selain itu, pihaknya juga turut memberikan imbauan kepada masyarakat terkait maklumat Kapolri Idham Aziz untuk mencegah virus Corona. Salah satunya untuk tetap di rumah dan social distancing.

“Pasar Sabho dan Kaloko, Kantor Bank, tempat keramaian seperti Leter Buton, Tugu Nenas, Kali Biru dan tempat-tempat tinggal masyarakat yang dianggap ramai kita semprot,” pungkasnya.

Menurut dia, penyemprotan cairan disinfektan menggunakan mobil watercanon dinilai sangat baik, karena mampu menjangkau wilayah Kecamatan Pasarwajo yang cukup luas.

Sementara itu, ditempat yang sama, Danramil 1314-02 Pasarwajo, Kapten Infantri Bahari, mengungkapkan kegiatan penyemprotan yang dilakukan bersama Mapolres Buton ini merupakan himbauan langsung dari Kepala Staf Angkatan Darat untuk secara masif bekerja sama dengan pemerintah daerah dan juga pihak kepolisian untuk melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan masyarakat sejak Kamis (26/03).

“Untuk melakukan penyemprotan disinfektan pada tempat-tempat keramaian maupun rumah-rumah penduduk agar masyarakat terhindar dari wabah virus corona,” ucapnya.

Diwaktu yang sama hal serupa penyemprotan cairan disinfektan dilakukan juga oleh Pemerintah Kecamatan Wabula bekerjasama dengan TNI Polri dan para kepala desa .

Camat Wabula, Muhammad Basri mengatakan, pihaknya bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Wabula melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh masjid se-Kecamatan Wabula.

Kata Basri, kegiatan ini sebagai bentuk tindakan antisipasi masyarakat yang akan melaksanakan Shalat Jum’at untuk terhindar dari virus.

“Kita berharap setelah masyarakat Kecamatan Wabula melaksanakan shalat Jumat, diharapkan pada seluruh jamaah untuk selalu berikhtiar dan berdoa semoga Kabupaten Buton, khususnya Kecamatan Wabula bebas dari virus corona,” tutupnya.

Sekedar informasi, penyemprotan disinfektan di Kecamatan Wabula itu dipimpin langsung oleh Camat Wabula, Kasubsektor, Aiptu Muis Bokolu, Batibun, Serka Rahmat Rasyid, Bhabinkamtibmas, Brigadir La Sahari dan didampingi para Kepala Desa.

Peliput: Asmaddin

Pin It on Pinterest