Peliput: Hengki TA

LABUNGKARI, BP – Sebanyak 14.668 anak di Buton Tengah (Buteng), menjadi target Dinas Kesehatan untuk divaksin covid-19 tahun ini. Untuk vaksin usia 6-11 tahun itu akan disasar mulai dari siswa SD hingga siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Dinas Kesehatan Buteng, Kasman Buteng Kasman

Kepala Dinas Kesehatan Buteng, Kasman mengatakan, dengan adanya vaksinasi tersebut diharapkan dapat mendukung terciptanya kekebalan tubuh kelompok anak (herd immunity). Sehingga, bisa menjamin kelancaram program kegiatan belajar tatap muka di sekolah.

“Saat ini, kami terus gencar melakukan sosialisasi kepada orang tua atau wali anak dan melibatkan para stakeholder terkait,” jelasnya.

Lanjutnya, vaksinasi anak yang rencananya dimulai pada 24 Januari 2022 kemarin, terpaksa harus ditunda. Hal itu dikarenakan, dosis stok vaksin anak untuk di Buteng belum tersedia.

“Vaksinasi anak di daerah ini diperkirakan baru terlaksana pekan depan. Kita sudah bagi jadwal ternyata vaksinnya masih kosong. Jadwal itu kita undur namun sosilisasi kita jalan terus,” tuturnya.

Kemudian, saat ini vaksinasi anak diprioritaskan untuk daerah-daerah, yang persentase vaksinnya telah mencapai angka 70 persen.

“Kita belum pastikan kapan vaksinasi anak akan dilakukan di Buteng. kita tinggal menunggu kalau sudah ada, kita jemput,” ungkapnya.

baca juga: Lahan Jadi Masalah Utama Pembangunan Kawasan Ibu Kota di Buteng

Selain vaksinasi anak, pihaknya juga terus berupaya melakukan percepatan vaksinasi bagi kelompok usia lain guna mencapai target vaksinasi 70 persen.(*)