F01.3 Ketua KPU Baubau DIan Anggraini saat membacakan sambutan dalam acara sosialisasi pilwali Ketua KPU Baubau DIan Anggraini saat membacakan sambutan dalam acara sosialisasi pilwali

Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP – Dalam membangun gerakan sadar pemilu (GSP), Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kota Baubau menggelar gerak jalan sadar pemilihan serentak 2018, bertempat di pelataran Kotamara Kota Baubau, Minggu (29/10).

Ketua KPU Kota Baubau Dian Anggaraini dalam sambutannya mengatakan, gerak jalan sadar pemilu serentak 2018 yang di gelar oleh KPU merupakan salah satu pijakan awal untuk membangun gerakan sadar pemilu secara berkelanjutan.

F01.3 A

Pihaknya menginginkan semua elemen bangsa bersinergi, kolaborasi dan bergerak bersama untuk menyadarkan publik tentang pemilu sebagai sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang sangat penting bagi kehidupan mereka.

“Tugas kita bersama menyadarkan publik bahwa pilihan mereka dibilik suara yang hanya 5 menit akan mempengaruhi kebijakan politik di daerah untuk lima tahun kedepan,” kata Dian.

Lanjut Dian mengatakan, pemilihan serentak 2018 merupakan pemilihan serentak gelombang ke-3 setelah dimulainya pemilihan serentah pada tahun 2015. Ada 171 daerah yang akan mengikuti pemilihan serentak tahun 2018, terdiri dari 17 Provinsi, 39 Kota dan 115 Kabupaten.

Selain itu, pemilihan serentak tahun 2018 akan beriringan dengan Pemilu tahun 2019, sehingga suhu politik akan lebih hangat dibandingkan pemilihan serentak tahun 2015 dan 2017. Penyelenggara pemilu di semua tingkatan harus mengelola setiap tahapan secara profesional dan berintegrasi.

“Berikan pelayanan yang adil dan serata kepada semua peserta pemilihan,”tutupnya

Dalam kegiatan tersebut bukan hanya gerak jalan namun juga dirangkai dengan senam bersama, dan pembagian hadiah undian kepada seluruh peserta gerak jalan.