Peliput: Hengki TA — Editor: Hasrin Ilmi

LABUNGKARI, BP – Sejak dikarantina pada 17 Mei 2020 Lalu, 17 Orang dari 18 warga Kabupaten Buton Tengah terkonfirmasi positif virus corona atau covid-19 menjalani tes Swab kesembuhan kedua.

Kepala Dinas Kesehatan Buteng, Kasman saat dikonfirmasi beberapa awak media mengatakan, pada Kamis 28 Mei kemarin, pihaknya bersama tim juga telah melakukan swab pertama kepada 17 orang yang telah dinyatakan positif sebelumnya. Ditambah 12 orang dengan rapid tes reaktif.

“Kemarin, Sabtu (30/05) kami kembali melakukan tes swab kedua kepada 17 yang positif itu. Untuk hasilnya paling lama dua pekan depan,” jelasnya.

Lanjutnya, untuk jarak tes swab kesembuhan pertama dan kedua hanya berselang dua hari saja, namun pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak provinsi, bahwa jarak swab untuk konfirmasi kesembuhan bisa dua atau tiga hari.

“Kita berharap hasil dua kali swab 17 orang itu dinyatakan negatif. Sebab konfirmasi kesembuhan harus dua kali swab dengan hasil negatif berturut-turut,” tuturnya.

Sementara itu, dari 18 orang terkonfirmasi positif covid-19 di Buteng, baru 17 orang yang melakukan tes swab kesembuhan, sebab satu orang dari Kecamatan Mawasangka Tengah (Masteng), melarikan diri dari tempat karantina.

“Kita sudah lakukan usaha pencarian dengan bekerjasama dengan pemerintah desa setempat, pihak Kepolisian dan TNI, namun sampai sekarang belum ditemukan,” tutupnya. (*)

Pin It on Pinterest