– PDAM Busel Dapat Suntikan Dana Rp 5 Miliar Dari APBN 2017

Peliput: Amirul

BATAUGA, BP – Perusahaan Air Minum Daerah Kabupaten Buton Selatan bakal mendapat kucuran dana hibah dari pemerintahan pusat melalui APBN 2017 sebesar Rp 5 miliar.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Buton Selatan Ir Sunaryo Mulyo saat ditemui beberapa waktu lalu. Dikatakannya, hibah dari pemerintah pusat tersebut, ditargetkan untuk penyambungan air bersih ke 2000 rumah khususnya untuk Kecamatan Lapandewa dan sebagian di Kecamatan Sampolawa.

“Saya kira tahun ini bisa diselesaikan semua untuk sambungan rumah ke rumah khusunya di Lapandewa dan Sampolawa sebagian. Untuk sambungan distribusi pipa utama itu sudah semua. Kemungkinan itu bisa dilaunching untuk bisa membuka kran air sendiri dan sebagian. Semua pemasangan air bersih ini digratiskan di Desa Tira dan Bahari kemudian di Lapandewa,” katanya.

Dijelaskan, beberapa waktu lalu pihak DPRD Kabupaten Busel di dampingi Dinas PU dan PDAM Busel sudah melakukan komunikasi dan konsultasi ke Kementrian PU RI mengenai dana hibah air bersih tahun 2017 tersebut.

Hasilnya, kewajiban Pemkab Busel adalah mengalokasikan dana melalui APBD tahun 2017 itu sebesar Rp 5 miliar untuk air bersih, khususnya untuk sambungan dari rumah ke rumah, disusul penyiapan penyertaan modal dari APBD tahun 2017 untuk PDAM.

“Nanti kalau dilaksanakan 2017 ditargetkan September itu sudah harus selesai laporan pertanggungjawaban semua selesai dan diperiksa BPKP dianggap layak jadi dana hibah dari APBN akan dikembalikan ke APBD. Jadi dibayar kembali melalui APBN kementrian keuangan secara administrasi nanti kementrian PU yang menilai secara teknis kemudian digantikan uangnya,” katanya.

“Ini sangat menguntungkan kita karena APBD kita ditukar kembali melalui dana hibah APBN itu secara teknis itu Kementtrian PU dan Kementrian Keuangan yang tentukan,” tambahnya.(*)