Kurniawan Ridy, Perwakilan SMAN 1 Raih Juara Satu OSN Bidang Biologi

Peliput: Arianto W

BAUBAU, BP- Rizal Kurniawan Ridy merupakan siswa SMAN 1 Baubau yang berhasil meraih juara satu Biologi pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kota Baubau.

Anak dari pasangan Ayah Syarifudin Ridy dan Ibu Syaifa mengungkapkan perasaan senang danĀ  bangga karena berhasil lolos seleksi OSN ditingkat Kota Baubau. Mengingat kerasnya persaingan yang diikuti, karena pesertanya merupakan siswa cerdas dari sekolah lain.

” Soal ditahun ini agak lebih susah, jadi pada saat lomba berlangsung saya rasa deg-degkan tapi alhamdulilah ternyata bisa raih juara satu,” jelasnya.

Siswa kelahiran Baubau 23 Januari 2002, ialah salah satuĀ  siswa berprestasi di kelas XI IPA 8. Dikatakannya, perolehan juara satu OSN bidang Biologi sudah yang kedua kalinya diikuti. Pada penggelaran OSN ditahun lalu ia hanya berhasil masuk tingkat Nasional namun tidak berhasil lolos.

Untuk itu, ia kembali mengikuti iven yang sama ditingkat Provinsi Sulawesi Tenggaera (Sultra) sebagai perwakilan Kota Baubau. Dengan harapan agar keikut sertaanya pada OSN tingkat Provinsi nanti, dapat membuahkan hasil yang baik sehingga menjadi perwakilan Provinsi Sultra ke tingkat Nasional.

” Mata pelajaran Biologi baru saya dalami setelah memasuki sekolah bangku SMA. Alhamdulilah, sudah dua kali saya dapatkan juara OSN dibidang Biologi, yaitu pada tahun lalu dan tahun ini,” ungkapnya.

Selain itu, pembinaan yang diikuti oleh siswa penggemar menu makanan Nasi Goreng dan Jus Alpukat tersebut cukup intens. Selama satu bulan ia dikarantina untuk lebih mendalami mata pelajaran Biologi, dan sebagai bahan reverensi tambahan ia juga gemar mencari informasi diluar dengan konsultasi kepada kakak senior.

” Pembinaan tahun ini lebih intens karena satu bulan dikarantina untuk mendalami mata pelajaran Biologi. Saya berusaha mencari informasi diluar dengan bertanya kepada kakak yang lebih hebat, terkait pengembangan materi dan tips dalam mengerjakan soal,” tutupnya (#)

Pin It on Pinterest