MV Madidihang 03 Singgah di Wakatobi, Dukung Pelatihan dan Riset Taruna AKKP

WANGI-WANGI, BP- Guna memberikan dukungan pelatihan dan riset/penelitian bagi para taruna, khususnya Taruna Akademi Komunitas Kelautan dan Perikanan (AKKP), MV Madidihang 03 milik Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) singgah di Wakatobi.

Kapten MV Madidihang Rahmat Mualim MSi saat dikonfirmasikan koran ini mengungkapkan, ekspedisi ini merupakan agenda tahunan. Direncanakan pihaknya bakal bertolak dari Wakatobi pada tanggal 03/03/2020.

” Kamis dari Jakarta, Bitung, Morotai, Wakatobi dan kemudian ke Baubau, ini hanya lek satu, maksudnya bagian dari rencana tahunan kemudian leg dua untuk ekspedisi bagian barat,” ungkapnya

Selain itu, Rahmat juga menambahkan ekspedisi ini mencetak SDM unggul. Diketahui, UPT pendidikan KKP telah tersebar di seluruh indonesia, termaksud AKKP Wakatobi. Tak hanya itu, beberapa Sekolah KKP seperti Politehnik juga telah tersebar dari Sabang sampai meroke.

” Karna kapal ini hanya satu-satunya yang berstandar Konvensi, dalam artian berstandar internasional, jadi kalau standar pendidikan Laut Perikanan Internasional berdasarkan STCWF kapal-kapal yang berukuran 5 GT keatas sebagai kapal kovensi yang dapat menjadi standar sarana prasaran setiap
UPT pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan Vokasional Laut Perikanan,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Direktur AKKP Wakatobi Daniel H Ndahawali SPi MSi menjelaskan, Kapal Latih dan Riset KM. Madidihang 03 adalah salah satu kapal kebanggaan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan Tema “Mencetak SDM Unggul melalui Ekspedisi Pelayaran Nusantara Taruna”.

” Bobot Kapal 753 GT dengan kecepatan maksimal 14 Knot. Di dalam kapal tentunya dilengkapi berbagai macam peralatan seperti alat navigasi, alat komunikasi, alat riset, dan berbagai sarana prasarana yang mendukung diantaranya sarana pelatihan penangkapan ikan, sarana penelitian oseanografi, ruang kelas seminar dan sebagainya,” jelasnya.

Dikatakannya, ada beberapa daerah yang disinggahi Kapal Latih dan Riset ini, salah satunya Wakatobi. Tujuan Kunjungan Tim Ekspedisi Pelayaran Nusantara ke Wakatobi diantaranya ingin mempromosikan kapal milik KKP itu kepada masyarakat dan pemerintah setempat, serta ingin menarik minat pelajar SMA se-Wakatobi untuk lanjut kuliah ke sekolah-sekolah KKP baik pada jenjang Politeknik maupun Akademi Komunitas seperti AKKP Wakatobi saat ini.

” Harapannya dengan kunjungan ini semoga terjalin kerja sama antara pemerintah daerah dan KKP dalam hal mendukung proses pembangunan bidang kelautan dan perikanan, baik dari sisi pendidikan, pelatihan maupun penelitian,” Pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam Upacara penyambutan Kapal Latih dan Riset Kebanggaan KKP, turut dihadiri Bapak Nursidiq, MM selaku Asisten I Setda mewakili Bupati Wakatobi bertindak selaku Inspektur Upacara, Para Kepala Dinas se-Kabupaten Wakatobi, pegawai Syahbandar, guru SMA beserta siswanya, dan tentunya taruna STP dan AKKP Wakatobi beserta pegawainya juga pegawai LPTK. Upacara berjalan dengan baik dan lancar.

Usai pemberian cenderamata oleh Asisten I kepada para Kru Kapal, para peserta diberikan kesempatan untuk naik di dalam kapal untuk melihat berbagai macam peralatan yang dimiliki Kapal Riset dan Latih KKP serta peserta mendapatkan berbagai penjelasan dari para Kru Kapal terkait KM. Madidihang 03.

Peliput: Zul Ps

Pin It on Pinterest