BATAUGA,BP-Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Busel) telah merencanakan proses pemekaran beberapa desa yang tersebar di tujuh kecamatan, akan tuntas di tahun 2021.

Bupati Buton Selatan H. La Ode Arusani mengatakan, untuk proses pemekaran desa telah diurus oleh dinas terkait, termasuk oleh pemerintah kecamatan dan pemerintah desa.

“Rencana target pemerintah daerah, 2021 sudah ada pemilihan kepada desa,” ucap La Ode Arusani saat ditemui awak media belum lama ini di Rujab.

Ia menjelaskan, permohonan pemekaran desa diawali dengan persetujuan seluruh elemen masyarakat yang ada di desa, mulai dari Badan Permusyawaratan Desa, tokoh agama, tokoh adat, pemuda, pemerintah desa hingga kecamatan.

Lanjutnya, keinginan dan semangat pemkab Busel serta seluruh elemen masyarakat dalam memekarkan beberapa didesa dapat berjalan sesuai rencana, hal ini sejalan dengan pembangunan Busel kearah lebih baik.

“Di Kecamatan Kadatua, Desa Banabungi dan Banabungi Selatan itu sudah bisa mekar jadi beberapa desa. Desa Lamaninggara, Mbanua di Kecamatan Siompu Barat dan Desa Tira di Kecamatan Sampolawa. Begitu juga di Kecamatan Siompu ada dua desa, begitipula Lapandewa ada dua desa serta Batuatas,” ujar.

Lanjutnya, tidak bisa dipungkiri, dengan hadirnya desa-desa baru kelak akan mendorong laju pertumbuhan pembangunan Buton Selatan.

Selain itu, setelah beberapa desa di tujuh kecamatan mekar, maka dengan sendirinya pemekaran kecamatan juga bisa direaliasasikan. “Dengan sendirinya dan arahnya kesitu, kalau sudah layak, tentu akan lahir kecamatan baru di Busel,” tukasnya

Peliput : Amirul

Pin It on Pinterest