Peliput : Amirul

BATAUGA,BP-Sedikitnya 3000 tenaga honorer dilingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Selatan (Busel) ditahun 2022 bakal mengalokasikan anggaran untuk Jaminan Sosial Ketenagaankerjaannya.

Bupati Busel H. La Ode Arusani sangat merespon langkah itu dan telah berkomitmen yang telah disepakati melalui rapat koordinasi antara Pemkab Busel dengan BPJS Ketenagakerjaan, belum lama ini.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Buton Selatan Amrin Abudullah, saat berkoordinasi dengan pihak BPJS

Rapat koordinasi itu dihadiri Kepala Dinas (Kadis) Transmigrasi Dan Tenaga Kerja Busel, Amrin Abdullah, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan, Bobi Harun dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Busel.

Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Busel, Amrin Abdullah menyatakan bahwa Bupati Busel, H. La Ode Arusani sangat merespon rencana pemberian jaminan sosial bagi tenaga honorer di lingkup Pemkab Busel.

“Bapak Bupati Buton Selatan menyambut baik dan sangat merespon rencana pemberian jaminan sosial untuk honorer dan akan direalisasikan mulai tahun 2022,” kata Amrin.

Terkait rencana ini, lanjut Amrin, Bapak Bupati Busel juga telah memerintahkan jajaran untuk melakukan kajian secara komperhensif sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sementara itu, menurut Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan, Bobby Harun, sesuai amanat undang-undang dan Inpres No. 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan Peraturan Mendagri Nomor 27 tahun 2021 tentang pedoman penyusunan APBD tahun 2022, sangat dimungkinkan untuk pemberian jaminan sosial bagi tenaga honorer.

“Jaminan Sosial yang akan diberikan bagi tenaga honorer berupa jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian. Besaran premi disesuaikan dengan jumlah honor yang diterima setiap bulannya,” jelas Bobby.

baca juga: Bupati Busel Arusani : Pokdarwis Ujung Tombak Pariwisata

Untuk diketahui, melalui diskusi tersebut, disimpulkan bahwa pemberian jaminan sosial bagi honorer akan disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan sebelum MoU. Hal ini dimaksudkan guna memberi jaminan bagi 3000 honorer di berbagai sektor di Busel, sehingga dengan honor yang kecil tapi ada jaminan yang didapatkan saat melaksanakan tugas..(*)

One thought on “2022, Ribuan Tenaga Honorer Busel Bakal Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan”

Comments are closed.