WhatsApp Image 2022 08 25 at 19.09.15

Pewarta : Alyakin

BAUBAU, BP – Dua narapidana di Lapas Kelas II A Kota Baubau yang diduga memakai dan mengedarkan Narkotika jenis sabu berhasil ditangkap. Keberhasilan ini atas kerjasama (Sinergitas) Kapolres Baubau AKBP Erwin Pratomo SIK dengan Kepala Lapas (Kalapas) Kelas II A Kota Baubau Herman.

Dalam konferensi Pers di Aula Mako Polres Baubau, Kamis (25/08/2022), Kapolres Baubau, AKBP Erwin Pratomo SIK didampingi Kalapas Kelas II A Baubau Herman dan Kasat Narkoba, Pihaknya membenarkan bahwa di dalam kamar narapidana ditemukan Narkotika jenis Sabu.

WhatsApp Image 2022 08 25 at 19.09.15

“Petugas Lapas telah melakukan pemeriksaan dan pengeledahan disalah satu blok, atau kamar narapidana dan telah ditemukan Narkotika jenis sabu dengan berat 5,42 gram.” Kata Erwin.

Sesudah itu, Jumat 12 Agustus 2022, sekitar pukul 10.00 WITA, Sat Narkoba Polres Baubau dihubungi pihak Lapas bahwa ditemukan Narkotika jenis sabu di kamar AR, Kapas Kelas IIA Kota Baubau, Jln. Jenderal Sudirman, Kelurahan Tomba, Kecamatan Wolio Kota Baubau),

“Kita sinergitas komunikasi dengan pihak Lapas, kebetulan saya langsung komunikasi dengan Kalapas, hasil sinergitas kami, membuahkan hasil ditangkapnya AR dan FR,” Ujar Erwin.

Terungkapnya kasus tersebut setelah pihak kepolisian mengembangkan kasus sebelumnya. Sat Polres Baubau berhasil mebekuk kurir yang menjemput paket Sabhu dari Bombana di Jembatan Batu.

“Ini merupakan hasil pengembangan dari Ivan yang kita tangkap, beberapa pekan lalu, kita kembangkan dan alhamdulillah, hasilnya ini,” katanya.

Adapun barang bukti yang yang berhasil diamankan yakni, delapan paket plastik berisi butiran kristal (Narkotika jenis sabhu) seberat 5,42 gram, satu paket bong alat hisap botol nescafe, satu batang pirex kaca, tiga lembar kertas rokok, satu bungkus rokok, satu lembar tisu, dan satu buah hendpone genggam.

Atas perbuatannya, FR, (26) yang juga narapidana kasus pencabulan dan AR (33) narapidana kasus narkotika diancam 20 tahun penjara karena melanggar pasal 114 ayat 2, atau pasal 112 ayat 2 subsider pasal 127 ayat ayat huruf a. UU RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Demikina halnya dikemukakan Kalapas Kelas II A Kota Baubau Herman. Dia terus berkoordinasi, komunikasi dengan Polres Baubau untuk memutus mata rantai peredaran Narkoba di Baubau.

baca juga: Kepala Pasar Wameo LM Syahrir: Kami Sementara Fokus Berupaya Membuka Pasar Malam Seperti di Pantai Kamali

“Karena biar bagaimana, Kami dengan Polres betul-betul memerangi Narkoba ini. Makanya kami lakukan razia secara frontal, langsung, mencari sasaran sesuai informasi yang kami dapat.” tutup.(*)

By admin