F04.1 2

Pewarta: Eron

BUSEL, BP-Pemerintah Buton Selatan turut serta memperingati Hari Desa Asri pada tahun 2023 dengan mengadakan gerakan penanaman pohon serentak di seluruh desa di Indonesia dan salah satu titik lokasi penanaman pohon adalah di pelataran simpang tujuh Desa Lawela Kabupaten Buton Selatan, Senin 20 Maret 2023.

F04.1 2

Gerakan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap perubahan iklim yang semakin mengkhawatirkan dan mengurangi risiko bencana di desa-desa.

Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Buton Selatan, La Ode Karman, SE.,MM, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat desa yang telah berpartisipasi aktif dalam gerakan penanaman pohon ini. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk mengurangi dampak perubahan iklim dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup di desa.

Dari 15 Kabupaten/Kota di Sulawesi Tenggara, Kabupaten Buton Selatan merupakan salah satu penyumbang yang berkontribusi besar dalam rangka Delapan juta pohon.

“Jika Provinsi Sulawesi Tenggara melaporkan jumlah Bibit/Pohon yang siap ditanam atau sudah ditanam berjumlah sekitar Sembilan ribuan, maka Kabupaten Buton Selatan yang jumlah 60 Desa telah berkotribusi sudah melakukan penanaman atau siap tanam sejumlah 16.425 Pohon (data yang dikirim kepada Pihak Kementerian melalui PIC ditiap Daerah 17 Maret 2023),” ucap Karman dalam sambutannya.

BACA JUGA: Polres Baubau Gelar Apel Siaga Gabungan Pengamanan Premanisme dan Balapan Liar Selama Ramadan 1444 H

Melalui gerakan penanaman pohon serentak ini, diharapkan masyarakat desa semakin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan memperkuat ketahanan lingkungan dalam menghadapi perubahan iklim yang semakin ekstrem. Dan Memelihara tanaman bagian dari upaya pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) serta menjadi sikap dan Budaya Bangsa.(*)

By admin