F04.2 1

BURANGA, BP-Bupati Buton Utara, H. Muh. Ridwan Zakariah resmi melantik 39 orang Penjabat (Pj) Kepala yang tersebar di enam kecamatan se-Kabupaten Butur. Pelantikan itu digelar di Aula Bappeda, Rabu (24/5/2023).

F04.2 1

Pelantikan Penjabat kepala Desa tersebut sesuai dengan surat keputusan Bupati Butur nomor 234 tahun 2023 tentang pengangkatan penjabat kepala desa dalam wilayah kabupaten Buton Utara.

Kecamatan Kulisusu ada 8 orang pj kepala Desa, Kecamatan Kulisusu Utara ada 8 orang Pj Kepala Desa, Kecamatan Wakorumba Utara ada 4 orang, Kecamatan Kulisusu Barat ada 6 orang, dan di Kecamatan Kambowa ada 6 orang.

Ridwan Zakariah menegaskan, Pj yang baru dilantik, harus mampu bersinergi dalam bekerja, serta memberikan pelayanan maksimal berkeadilan tanpa diskriminatif kepada seluruh masyarakat Butur.

“Kepala Desa menjadi garda terdepan dalam melaksanakan program – program pemerintah kabupaten, provinsi, hingga pemerintah pusat,” pungkasnya.

Ia juga meminta para Pj kades yang baru di ambil sumpahnya, untuk ikut mensukseskan visi misi pemerintah Kabupaten Butur, yakni menciptakan Buton Utara yang maju adil dan sejahtera di Desa masing-masing.

Pj Kades dalam menjalankan tugas kata Ridwan, mempunyai wewenang, memimpin penyelenggaraan pemerintah desa berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selanjutnya, mengajukan rancangan peraturan desa, membina kehidupan masyarakat dan perekonomian desa, mengkoordinasikan pembagunan desa secara partisipatif , hingga melaksanakan wewenang lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Penjabat kepala desa yang baru dilantik hari ini bukanlah sekedar melengkapi struktur organisasi pemerintah desa semata, tentunya ada hal penting dalam menjalankan tugas, memilki eksistensi dan peran yang strategis. Sikap tanggungjawab, rela berkorban, tulus ikhlas mengabdi kepada masyarakat, dan senantiasa menjunjung tinggi nilai integritas dan transparansi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ridwan Zakariah, mengingatkan kepada pj kepala desa untuk tidak terlibat dalam politik praktis.

“Saat ini kita sudah masuk pada tahapan pilkada serentak, kami berharap pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar, aman, terbit dan kondusif. Dengan demikian masyarakat akan merasakan terayomi dan nyaman dalam beraktivitas sehari-hari. Mari kita berikan yang terbaik untuk Kabupaten Buton Utara,” ingatnya.

Ia juga berharap kepada para Pj Kades untuk memberikan perubahan atau dampak semangat baru di tingkat pedesaan dan juga selalu menjaga kepercayaan masyarakat dengan baik dan menjalankan amanah serta bekerja sepenuh hati.

baca juga: ASN Butur Diminta untuk Mampu Jabarkan Tupoksi

“Merangkul semua pihak dan memberikan pelayanan tanpa memandang status, golongan, demi kemakmuran Buton Utara yang adil makmur dan sejahtera”, harapnya.(*)

By Kasrun