Sukarman: Seleksi Dipastikan Murni

Peliput: Iman Supa

RAHA, BP – Sebanyak 220 peserta mengikuti ujian seleksi diklat kepemimpinan tingkat II dan tingkat III, yang diikuti beberapa pejabat dari Pemerintah Daerah Muna, Muna Barat (Mubar) maupun Buton Utara (Butur).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Muna, Sukarman Loke mengatakam, pemerintah daerah Muna sebagai fasilitas dalam penyelenggaraan seleksi diklat kepemimpinan yang diselenggarakan Lembaga Administrasi Negara (LAN). Republik Indonesia, dengan bertujuan memberi syarat pada seseorang untuk menduduki jabatan eselon III dan II, yang selanjutnya mengikuti ujian diklat kepemimpinan sesuai dengan jenjangnya.

“Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) sebenarnya mulai eselon III dan II yang harus ada seleksinya, namun tahun pertama memasuki masa transisi tidak dilaksanakan. Hal tersebut masih diperbolehkan eselon II menduduki jabatan pimpinan SKPD dan staf ahli dan IIa menduduki jabatan Sekda. Jabatan ini harus diseleksi secara terbuka salah satu syarat administrasi harus lulus diklat pimpinan sesuai bidangnya,” kata Sukarman Loke.

Apabila peserta lulus JPT, paling tidak harus lulus seleksi pimpinan II yang selanjutnya kedepan ikut pendidikan. Namun apabila tidak lulus dari seleksi, maka akan tidak mendapatkan sertifikat sehingga tidak berhak mengikuti JPT, dikarenaklan gugur administrasi.

“Dalam proses seleksi dipastikan Murni sebab Mereka (LAN,red) yang buat naskah dan gandakan dan periksa serta umumkan, pemerintah daerah melalui BKD Muna hanya sebatas memfasilitasi, seleksi pimpinan II dan III tidak ada satupun pihak mengintervensi kelulusan seorang peserta,” tuturnya.

Untuk diketahui dalam seleksi kepemimpinan tingkat II dan III dimulai pada tanggal 19-20 Desember dengan tahapan tes wawancara, ujian tes tulis, maupun psiko tes. (*)