F01.2 Muslimin Hibali Muslimin Hibali

Peliput: Gustam

BAUBAU, BP – Peduli sesama kini coba diperlihatkan Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau. Melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemkot Baubau bakal memberangkatkan relawan ke Kota Palu Sulawesi Tengah.

Kepala BPBD Kota Baubau La Ode Muslimin Hubali mengungkapkan, relawan Kota Baubau akan berangkat pada hari kamis (04/10). “Rencananya lusa berangkat, kita pake jalur PELNI, lewat laut,” ungkapnya, saat dikonfirmasi Baubau Post, selasa (02/10).

Hingga saat ini, lanjut Muslimin, pihaknya tengah menyeleksi sejumlah calon relawan. Ketahanan fisik dan skill menjadi acuan utama seleksi. Pasalnya, relawan Kota Baubau dituntut sigap dalam menolong korban gempa Kota Palu.

“Kita seleksi dulu, kita pastikan yang betul-betul berangkat itu adalah relawan yang punya keahlian, jangan sampai kita berangkatkan, baru tidak bisa kerja,” tuturnya.

Hingga saat ini, sejumlah nama calon relawan telah dikantongi BPBD Kota Baubau. Kata Muslimin, nama-nama calon relawan itu datang dari sejumlah lembaga.

“Dari kantor kami ada delapan orang, ada juga dari lembaga lain yang mengajukan namanya, seperti Palang Merah Indonesia (PMI), mahasiswa termasuk masyarakat umum,” pungkasnya. (*)