F.5.1 Plt Kepala SDN 3 Lamangga.. Plt Kepala SDN 3 Lamangga..

Peliput: Arianto W

BAUBAU, BP – Sejak bergantinya kepala sekolah di SDN 3 Lamangga, prosese manajemen tidak berjalan dengan maksimal dan diambil alih pelaksana tugas sementara (PLT).

Plt Kepala SDN 3 Lamangga, Zaanu Asmal SPd saat dikonfirmasi diruangan kerjanya, Senin (22/10), mengatakan peningkatan mutu pendidikan terdiri atas beberapa faktor yakni tenaga kependidikan, manejemen dan sarana prasarana (Sapras).

Namun, hal itu tidak akan berjalan maksimal jika sekolah tidak memiliki seorang pemimpin yang bertugas untuk mengatur jalannya tiga unsur yang menjadi indikator peningkatan kualitas pendidikan. Untuk itu, peran kepala sekolah sangat penting dan dibutuhkan dalam membangun integritas sekolah yang baik.

“Selama tiga bulan, fungsi manejemen tidak berjalan maksimal karena walaupun fasilitas memadai namun jika tidak ada yang menggerakan maka tidak berjalan baik,” jelasnya.

Dikatakannya, kepala sekolah SDN 3 Lamangga telah berakhir masa jabatannya sejak 31 Juni 2018 lalu. Sampai saat ini pemilihan kepala sekolah tetap belum dilaksanakan. Namun untuk memaksimalkan pembelajaran, jabatan itu dipercayakan kepada pengawas Sekolah Dasar (SD), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau untuk menjadi kepala sekolah sementara.

“Terkadang saya singga dua sampai tiga jam, setelah itu saya keluar lagi. Namun, untuk saat ini saya tidak akan lepas tanggung jawab dalam menjalankan fungsi manejemen. Walau tidak secara maksimal,” ungkapnya.

Ia berharap, secepatnya dilaksanakan pelantikan kepala sekolah baru, untuk memaksimalkan fungsi manejemen dengan sebaik-baiknya. (#)