Peliput: Zukman

BURANGA, BP- Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) yang dipimpin Abu Hasan, mengajak seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Butur, untuk bergotong royong menanam benih padi organik. kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Ee lahaji, Kecamatan Kulisusu.

Bupati Buton Utara Abu Hasan saat ditemui usai penanaman beberapa waktu lalu mengatakan jika kehadirannya beserta seluruh kepala OPD Butur merupakan salah satu wujud semangat gotong royong, dan mampu menjadi contoh masyarakat Butur, khususnya yang berada di wilayah sekitar lokasi penanaman.

” Ini adalah wujud semangat gotong royong untuk sebuah aktifitas, dan dapat menjadi contoh untuk masyarakat lingkungan sekitar,” kata Abu Hasan.

Dikatakan, sejak awal tergagasnya pertanian organik, ia selalu menganjurkan agar seluruh kepala OPD mampu memberikan contoh dan pemahaman bentuk pertanian konvensional menjadi pertanian organik. Dan terbukti seluruh , Wakil Bupati, Sekda, hingga Kepala OPD Butur memberikan contoh pertanian organik, dan hasilmnya saat ini sudah dapat terlihat. Hal itu juga yang membuat masyarakat butur mulai bergairah untuk mengelolah lahannya menjadi lahan pertanian organik.

“Dan hasilnya sudah ada sehingga masyarakat mulai bergairah untuk mengelola lahan menjadi lahan pertanian organik,” ungkapnya.

Dia berharap, agar semua lahan-lahan yang ada di Butur mampu di garap menjadi lahan produktif. Ia menilai untuk saat ini Butur tidak akan menjadi daerah yang mengalami krisi pangan. “Target kita paling di daerah Buton Utara ini tidak mengalami krisis pangan di era seperti sekarang ini,” tutupnya.

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu, Padi Organik Butur menjadi salah satu hasil potensi pertanian yang kini mulai dilirik oleh investor luar negeri yang berasal dari Australia. (*)