Peliput: Sacril

MUBAR, BP – Rencana pemerintah untuk mengakaktifkan kembali Bandara Sugimanuru yang terletak di Kabupaten Muna Bara (Mubar), disambut baik oleh daerah-daerah disekitarnya. Olehnya Pemerintah Kabupaten Muna, Mubar, dan Buteng bekerja sama untuk mengaktifkan bandara peninggalan jepang ini pada Januari 2017.
Kepala Dinas Perhubungan Mubar, La Ode Hanafi mengungkapkan, pada tanggal 16 November pihaknya telah melakukan pertemuan dengan Kementerian Perhubungan, Direktorat Perhubungan Udara, dan mendapat respon baik. Pihak Kementrian siap memfasilitasi dua maskapai penerbangan yaitu Garuda dan Lion.
“Kami juga mengapresiasi dan mengharapkan bandara Sugimanuru segera beroperasi, atas kerjasama tiga pemerintah daerah, dalam hal ini pemerintah Mubar, Muna, dan Buteng. Jadi kita bersama-sama melakukan ekspos di Kementerian Perhubungan,” katanya.
Selanjutnya pihaknya melakukan ekspos di maskapai penerbangan Lion Air, dan segera membuka rute penerbangan Mubar – Makassar. Pihak Lion Air akan mempersiapkan pesawatnya Wings Air, Lion dan Batik Air. Untuk kelancarannya, pihak Lion Air akan segera mengurus surat izin penerbangan rute Mubar-Makassar.
“Kementrian Perhubungan berharap fasilitas bandara segera dilengkapi termasuk fasilitas keselamatan, seperti mobil pemadam, dimana Mubar hanya memiliki satu unit mobil pemadam, dan Pemerintah Muna siap mendatangkan dus unit mobil pemadamnya,” tutupnya