F4.4 H YakubH Yakub

BAUBAU, BP- Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM, banyak pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Baubau yang bergerak di bidang kuliner.

“Jadi usahawan kita di Kota Baubau ini, setelah saya telusuri, UKM kita ini bergerak di bidang kuliner, bikin keripik, bikin roti dan berbagai macam makanan-makanan,” ungkap Kepala Dinas Koperasi dan UKM Baubau H Yakub.

Ia menyebut, jumlah UMKM di Kota Baubau saat ini mencapai ribuan. “Kalau jumlah besar (UMKM-red) secara keseluruhan itu kurang lebih 8000-an dari delapan kecamatan. Berbagai macam usahanya, ada yang jual gorengan, yang macam-macam lah,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kota (Pemkot) ingin pelaku UMKM menggunakan bahan baku lokal dalam pembuatan produknya.

“Kita masih memberikan motifasi dorongan kepada pelaku UKM kita ini, supaya bahan baku yang digunakan itu menggunakan bahan baku lokal,” ujar H Yakub.

“Baru satu (UKM yang menggunakan bahan baku lokal-red) yang saya lihat, di Palabusa itu menggunakan rumput laut, dia buat keripik, buat minuman,” tambahnya. (*)

Peliput: Gustam