F01.5 Ketua Dewan Pers M Nuh paling kiri Ketua PWI Pusat Atal S Depari tengah dan Gubernur Sultra Ali Mazi menghadiri Gala Dinner.Ketua Dewan Pers M Nuh (paling kiri), Ketua PWI Pusat Atal S Depari (tengah) dan Gubernur Sultra Ali Mazi, menghadiri Gala Dinner.
  • Dewan Pers Beri Penghargaan Inderks Tertinggi Kemerdekaan Pers Kepada Ali Mazi

BANJARMASIN, BP– Gala Dinner Sulawesi Tenggara (Sultra) menuju Hari Pers Nasional (HPN) 2021 sukses digelar di Hotel Golden Tulip Banjarmasin, Jumat (07/02). Dalam kegiatan ini Sultra resmi didaulat sebagai tuan rumah HPN 2021.

Acara ini dihadiri langsung Gubernur Sultra Ali Mazi, Ketua Dewan Pers M Nuh, Ketua PWI Pusat Atal S Depari, Sekda Kalsel Abdul Haris, kepala daerah se Sultra, perwakilan duta besar, beberapa anggota DPRD Sultra/Kota Baubau, termasuk beberapa kepala SKPD Pemprov Sultra dan Baubau.

Gala Dinner ini juga sebagai penyerahan amanat kepada Provinsi Sultra di tahun 2021. Pemprov Sultra sudah mulai mempersiapkan diri untuk menyelenggarakan hari pers terakbar tersebut.

“Pemprov Sultra dengan penuh kesungguhan, bersedia sebagai tuan rumah penyelenggaran HPN 2021,” ucap Gubernur Sultra Ali Mazi dalam sambutannya.

Ali Mazi juga mengucap terima kasih dan apresiasi kepada Pemprov Kalsel, karena telah memfasilitasi dan menghadiri Gala Dinner ini.

Gubernur dua periode ini berpesan, agar insan pers harus tetap menjunjung tinggi keberimbangan dalam pemberitaan. Apalagi informasi-informasi yang dibuat oleh wartawan akan diakses dan dibaca oleh masyarakat.

“Pemberitaan sangat dibutuhkan untuk merumuskan kebijakan pemerintah, kehadiran sejumlah media massa menghadirkan informasi penting mengenai ekonomi kerakyatan,” jelasnya.

Sementara itu Ketua PWI Pusat Atal S Depari dalam sambutannya menyampaikan untuk menjadi tuan rumah HPN tidaklah mudah karena banyaknya persaingan. Sehingga dengan kepercayaan sebagai tuan rumah HPN, Sultra harus membuat keunikan tersendiri.

“Harapan kami, mandat ini harus dilaksanakan dengan baik. Jadi saya tidak perlu repot lagi mencari penyelenggara HPN 2021. Tapi persaingan selanjutnya sudah ketat lagi,” selorohnya.

Sementara untuk pelaksanaan HPN 2022, sudah banyak kepala daerah yang berkenginan menjadi tuan rumah, ada Jawa Barat, Banten, Sulsel, hingga lampung.

“Bila perlu kita terima order 10 daerah,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu pula, Ketua Dewan Pers M Nuh menyerahkan penghargaan Indeks tertinggi kemerdekaan pers kepada Ali Mazi. Selain itu Ali Mazi juga menerima SK Sultra sebagai tuan rumah HPN 2021.

Peliput: Zaman Adha