Peliput: Amirul

BATAUGA, BP – Plt Sekda Buton Selatan Konstantinus Bukede mengatakan, rekrutmen calon Sekda defenitif Kabupaten Buton Selatan bakal dilakukan pada Januari, namun belum dipastikan tanggal pelaksanaannya, pasalnya saat ini masih menunggu hasil konsultasi BKDD Buton Selatan ke Komisi ASN dan izin tertulis dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Sebenarnya Pj Bupati Buton Selatan Dr Ir OMN Ilah Ladamay telah memerintahkan Kepala BKDD Buton Selatan untuk secepatnya melakukan hal itu, sehingga harapan beliau pada Februari ini sudah ada Sekda defenitif,” ucap Kostantinus Bukede saat ditemui diruangannya, Jumat (20/1).

Dikatakannya, konsultasi kepada Komisi ASN dan meminta izin tertulis dari Mendagri sangatlah penting, karena hasilnya akan menentukan dan menetapkan dibentuknya tim pansel sesuai petunjuk Komisi ASN.

“Sebenarnya sudah ada komposisi tim pansel yang disiapkan, tetapi itu harus dikonsultasikan kepada Komisi ASN dan izin tertulis Mendagri, apakah komposisi itu sudah cocok atau ada perubahan,” ucapnya.

Dilanjutkan, komposisi tim pansel berasal 45 persen dari Birokrasi dan 55 persen dari gabungan tokoh masyarakat dan akademisi. Sementara terkait pada Februari bahwa sudah ada sekda definitif, kata Kostantinus karena jika dihitung-hitung pembentukan tim pansel bisa makan waktu 20 hari dari hari pengumuman sampai penetapan atau pengajuan calon sekda.

“Artinya untuk mendapatkan tiga besar itu kurang lebih 20 hari, setelah mendapat tiga besar maka tim pansel mengajukan kepada Bupati kemudian Bupati melakukan konsultasi ke Gubernur,” tuturnya.

Selain itu, terkait jadwal pastinya akan ditentukan oleh BKDD Buton Selatan, dikarenakan BKDD adalah sekretariat dari pansel tersebut. Sedangkan untuk jabatan calon Sekda definitif Kabupaten Buton Selatan terbuka untuk umum, dimana seluruh pegawai se Sultra berpeluang untuk menduduki jabatan tersebut.

“Jadwal itu nanti ditentukan oleh BKDD, ya harapan kita secepatnya dilakukan sesuai perintah Bupati Buton Selatan,” pungkasnya.(*)