F01.2 Satgas Penanganan Covid 19 Buton Utara saat jumpa persSatgas Penanganan Covid-19 Buton Utara saat jumpa pers

BURANGA, BP – Satgas Penanganan Covid-19 Buton Utara (Butur) mengumumkan satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) pertama di Butur. PDP tersebut berinisial M berusia 51 tahun merupakan seorang wanita.

Juru Bicara satgas Covid-19 Buton Utara dr M Ali Badar dalam rilisnya menjelaskan riwayat perjalanan PDP tersebut. M pernah dirawat selama tiga bulan di RS Wahidin Makassar karena penyakit kronis.

“Pulang dari makassar pada tanggal 26 Maret dan tinggal di rumah saudaranya di Butur, tepatnya di Desa Lebetele,” jelasnya.

Selanjutnya pada tanggal 22 April, Ny M pergi ke Kendari untuk melakukan kemoterapi di salah satu klinik. Kemudian pada tanggal 25 April masuk ke Rumah Sakit Bahteramas untuk mendapatkan perawatan lanjutan dan transfusi darah selama lima hari.

Ali Badar menambahkan pada tanggal 2 Mei, pasien M mulai mengalami sesak napas, dan dirujuk ke UGD Bahteramas Non Covid. Namun saat dilakukan Rapid Test hasilnya reaktif. Kemudian pasien dipindahkan ke UGD Covid RS Bahteramas.

“Sejak 4 April lalu pihak rumah sakit telah melakukan Swab pada Ny M, namun hasilnya masih dalam proses. Pasien telah ditangani oleh dokter Spesialis Paru,” terangnya.

Peliput: Wahid