F02.4 Kepala Dinas Kesehatan Buton Selatan La Ode Budiman SKM Foto Amirul BaubauPost

Peliput: Amirul — Editor: Ardi Toris

BATAUGA,BP-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Buton Selatan (Busel) terus bekerja dalam rangka mewujudkan visi misi Pemerintah Daerah dibawah kepemimpinan Bupati H La Ode Arusani di bidang pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

F02.4 Kepala Dinas Kesehatan Buton Selatan La Ode Budiman SKM Foto Amirul BaubauPost
Kepala Dinas Kesehatan Buton Selatan, La Ode Budiman, SKM Foto Amirul–BaubauPost

Ditahun 2021, dalam perencanaannya Dinkes Busel akan membangun dua Puskesmas baru dilahan hibah masyarakat di dua kecamatan yakni di Kecamatan Desa Batuatas Barat dan di Kecamatan Siompu Desa Karae.

Kepala Dinkes Busel La Ode Budiman SKM mengatakan pembangunan Puskesmas baru ini untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Di Kecamatan Siompu tepatnya di Desa Karae lokasi lahan rencana pembangunan Puskesmas itu telah disurvey. Luas area yang dihibahkan masyarakat dengan ukuran 100×100 meter persegi.

“Tadi baru sosialisasi kepada masyarakat kemudian kita survey lokasi, sudah ada dan itu menjadi bahan dasar data dukung untuk diusulkan ke kementerian untuk kita bangun Puskesmas baru,” kata Budiman via telepon , Selasa (7/7)

Kata dia, Puskesmas baru yang rencana dibangun adalah Puskesmas rawat jalan. Alasan dibangun di Desa Karae untuk melakukan pelayanan kesehatan di empat desa, Desa Tongali, Lapara, Karae dan Desa Lontoi. Karena jika masyarakat ke empat desa ke Puskesmas induk jaraknya cukup jauh.

“Jadi layak dibangun Puskesmas baru di situ untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ucapnya.

Selain di Kecamatan Siompu, Kecamatan Batuatas juga direncanakan dibangun Puskesmas rawat jalan tepatnya di Desa Batuatas Barat. Lahan juga hibah dari masyarakat dengan ukuran 35×70 meter. Lokasinya telah disurvey sebelumnya.

Kata dia, kedua Puskesmas itu rencana pembangunannya diusulkan di DAK tahun 2021 mendatang. Ia mengaku akan memperjuangkan program itu sehingga fasilitas pelayanan kesehatan di Busel semakin memadai.

“Mudah-mudahan bisa terbangun dan kita akan perjuangkan untuk kepentingan masyarakat,” tukasnya (*)