F02.2 Suasana Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Disdukcapil Buton

Peliput: Gustam — Editor: Ardi Toris

PASARWAJO, BP- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Buton mencatat, jumlah pengurus administrasi kependudukan tiap harinya mencapai ratusan orang.

Demikian diungkapkan Kepala Disdukcapil Buton Karim. Ia mengaku tiap hari mencetak hampir ratusan KTP, baik yang mengurus baru maupun perubahan data kependudukan.

F02.2 Suasana Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Disdukcapil Buton
Suasan pengurusan KTP-el di Disdukcapil Buton

“Setiap harinya itu, pencetakan itu, hampir-hampir seratus,” kata Karim kepada Baubau Post di ruang kerjanya saat itu.

Disdukcapil Buton, jelas Karim juga intens melakukan pencetakan KTP para pemegang suket. Sehingga pemegang suket di Kabupaten Buton, kata dia, perlahan berkurang.

“Karena selain pencetakan baru, kita cetakan juga untuk pemegang suket kemarin, dan alhamdulillah pemegang suket kita berkurang,” jelasnya.

Namun Karim mengeluhkan banyak masyarakat yang tidak pandai menjaga KTP-nya. “Banyak juga yang kita layani ini, yang hilang dan rusak, jadi antara dua ini, ada orang yang sudah dua tiga kali ganti KTP-nya ini karena hilang,” keluhnya.

Karim mengaku, pengurusan administrasi kependudukan di kantornya didominasi Kartu Keluarga (KK) dan KTP. “Kalau yang belakangan itu KK (yang masyarakat banyak mengurus-red), tapi sekarang berimbang mi KK dengan KTP,” terangnya. (*)