F02.4 Pemkab Busel menggelar rapat persiapan upacara HUT RI ke 75 di Gedung Wisata

Peliput : Amirul — Editor: Ardi Toris

BATAUGA,BP-Pemerintah Kabupaten Buton Selatan menyepakati bahwa penyelenggaraan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun 2020 akan dilaksanakan secara sederhana dan tetap mematuhi protokol kesehatan

F02.4 Pemkab Busel menggelar rapat persiapan upacara HUT RI ke 75 di Gedung Wisata
Pemkab Busel menggelar rapat persiapan upacara HUT RI ke-75, di Gedung Wisata

Hal itu disampaikan pimpinan rapat persiapan HUT RI ke-75, Asisten I Drs La Ode Muhammad Muslim T MSi, dihadiri oleh seluruh kepala OPD, Kapolsek Batauga, Danki Brimob, dan Danramil Batauga, di Aula Wisata Batauga, Senin (10/8)

Kata Muslim, perayaan HUT RI ke-75 tidak akan dirayakan secara besar-besaran seperti tahun-tahun sebelumnya. Ditahun 2020 ini, pelaksanaan upacara akan dilakukan secara sederhana yang seharusnya dilaksanakan di Kantor Bupati/Walikota sesuai Edaran Mensetneg No. B-492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020 tanggal 06 Juli 2020, namun Pemerintah Kabupaten Buton Selatan akan melaksanakan di Lapangan Lakarada karena kondisi lapangan di Kantor Bupati tidak memadai dan efektif untuk menggelar upacara

“Kita akan gelar di Lapangan Lakarada, karena disana memadai serta efektif dengan memperhatikan protokol covid-19,” ucapnya.

Lanjutnya, kegiatan upacara HUT RI ke-75 akan dilaksanakan pagi hari pukul 08.00 wita dengan jumlah peserta terbatas.

“TNI, Polri, Brimob masing-masing 10 orang, ASN OPD juga dibatasi jumlahnya dan selanjutnya seluruh ASN Kabupaten Buton Selatan baik di OPD kabupaten dan di kecamatan (sekolah dan Puskesmas) akan mengikuti upacara virtual di istana negara di Jakarta pada jam 10.00 wita di kantor OPD masing-masing,” tuturnya.

Untuk kegiatan-kegiatan dalam menyambut HUT RI ke-75 ditingkat kabupaten dan kecamatan di seluruh wilayah Busel akan ditiadakan.

“Kegiatan hanya tunggal yaitu Upacara Bendera secara sederhana dengan tetap memperhatikan Covid-19,” ujarnya

Ia menambahkan, untuk memeriahkan kegiatan menyambut HUT RI ke-75, pemerintah Kabupaten Busel telah mengirim himbauan kepada seluruh OPD, desa, puskesmas dan sekolah di lingkup wilayah Busel untuk memasang umbul-umbul dan menaikan bendera merah putih sejak 1 Agustus hingga 31 Agustus 2020. (*)