Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan, Buton Selatan La Hardin, S.Pd., MM

Peliput : Amirul Editor: Hasrin Ilmi

BATAUGA,BP-Perhatian Bupati Buton Selatan (Busel), H La Ode Arusani terhadap sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ditengah pandemi Covid19 begitu besar. Hal ini dibuktikannya dengan mendaftarkan sebanyak 5.253 UMKM di seluruh wilayah Buton Sekalan untuk mendapatkan Bantuan Lansung Tunai (BLT) sebesar Rp 2.4 juta dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indenesia (Menkop UKM RI).

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan, Buton Selatan La Hardin, S.Pd., MM
Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan, Buton Selatan La Hardin, S.Pd., MM

Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan La Hardin, SPd, MM kepada Baubau Post mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan data online ini secara cepat dalam waktu tiga pekan.

“Kami berkoordinasi dengan kepala desa/lurah untuk mendata masyarakatnya yang mempunyai usaha. Kami berusaha mengusulkan sebanyak-banyaknya semoga dapat terakomodir karena yang menentukan adalah Kementrian Koperasi UKM RI,” ucap La Hardin, Senin (31/8)

Dikatakannya, bantuan ini adalah program pemerintah pusat untuk membantu UMKM disaat Pandemi Covid-19 berupa modal usaha sebesar Rp. 2.400.000,- yang akan disalurkan melalui mitra perbankan di daerah.

Sebagaimana persyararatan untuk mendapat bantuan ini, La Hardin menyebutkan diantaranya warga negara Indonesia (WNI), memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta Nomor Kartu Keluarga (KK), mempunyai usaha mikro, bukan ASN, anggota TNI/Polri atau bukan pegawai BUMN/BUMD dan terakhir tidak memiliki kredit usaha di bank.

Sebelumnya, kata Hardin, pihaknya telah dihubungi BRI Unit Murhum Baubau yang merupakan induk dari BRI Teras Batauga bahwa bagi Pelaku Usaha Mikro yang sudah ditetapkan sebagai penerima namun belum memiliki rekening BRI, maka pihak BRI akan siap menfasilitasi langsung untuk pembukaan rekening dan akan disesuaikan dengan data Base penerima dari Kementerian Koperasi dan UKM RI.

“Sesuai harapan Kementerian target nasional program ini dapat menyetuh 12 juta pelaku usaha mikro di seluruh Indonesia, dan khusus Buton Selatan semoga 5.253 pelaku usaha yang terdata dapat terakomodir,” ucapnya

Ia menambahkan, usulan bantuan serta sejumlah data ini akan dikirim ke Kementerian Koperasi dan UKM RI melalui Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Tenggara, Kanwil. Dirjen Perbendaharaan Provinsi Sultra dan BPKP Perwakilan Provinsi Sultra melalui Dinas Koperasi dan UMKM Provisni Sultra. (*)

3 thoughts on “5.253 Pelaku UMKM Busel Diusulkan Dapat Bantuan BLT, Rp 2.4 Juta dari Kementrian Koperasi UKM”
    1. selamat malam, saya selaku warga buton selatan, ingin bertanya apakah pendaftaran bantuan UMKM sudah di tutup? kalau belum tolong informasinya karana masi banyak warga yang mempunyai usaha mikro belum mendapatkan serta juga ada beberapa warga yang tidak memiliki usaha namun dapat bantuan terimaksih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest