Peliput : Amirul

Batauga,BP-Sebanyak 5.286 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahun 2021 di Kabupaten Buton Selatan tuntas disalurkan pertanggal 17 Januari 2022.

Plt Dinas Sosial Buton Selatan La Asari

Plt Dinas Sosial La Asari mengatakan penyaluran bantuan sosial BPNT kepada KPM di Kabupaten Buton Selatan tersisa 500 ratusan dari 5.286 KPM sempat tertunda, disebabkan kartu PKM yang dikeluarkan oleh pihak Bank belum terbit.

“Penyaluran bantuan sosial BPNT itu sempat tersendat, akibat dari keterlambatan pihak bank, namun sudah dikoordinasikan dan penyaluran ke 500 ratusan KPM akan segera dilakukan sebelum tanggal 17 Januari ini,” ucap La Asari.

Total anggaran bantuan BPNT kepada KPM Busel sebanyak 5.286 sebesar Rp 1 Miliar lebih. Mekanisme penyalurannya bantuan yaitu warga yang telah terdata dan memenuhi syarat menerima bantuan tersebut mendapatkan kartu e-warung.

“Dana yang ditransfer ke penerima tidak membawa pulang uang tunai tetapi berupa sembako melalui e-Warung,” ucapnya.

Penerima juga harus menyertakan surat, baik telah divaksin dosis pertama, atau juga telah divaksin dosis kedua, bisa juga bagi penerima yang ditunda vaksinasinya karena ada kondisi penyakit dengan menyertakan keterangan dokter.

Ia menambahkan, ada beberapa warga yang tidak lagi menerima bantuan tersebut dikarenakan telah meninggal dunia, kemudian pindah domisili dan penerima statusnya telah meningkat telah menjadi PNS.

baca juga: Pj Sekda Busel LM Sufi Hisanuddin Optimis Vaksinasi Capai 70 Persen

“Jadi penerima bantuan sosial ini terus dilakukan perubahan-perubahan sesuai kondisi di lapangan, melalui tim yang memantau, data-data itu akan dikirimkan ke pusat untuk divalidasi,” tukasnya.(*)

Comments are closed.