Peliput: Sacril

MUBAR, BP – Kabupaten Muna Barat (Mubar) menjadi salah satu daerah penempatan Nusantara Sehat. Kepala Puskesmas Tiworo Selatan mengungkapkan, penempatan tugas Nusantara Sehat di kabupaten kepulauan dan perbatasan negara dengan medan sulit, dan terpencil. Kabupaten Mubar terdapat daerah terpencil seperti Tiworo Tengah dan Tiworo Selatan.
“Pada tanggal 2 Desember, kami beserta Dinas Kesehatan Mubar menjemput 10 orang tim Nusantara Sehat, dimana lima orang diantaranya akan ditugaskan di Puskesmas Tiworo Tengah dan lima orang lainnya akan ditugaskan di Puskesmas Tiworo Selatan,” ungkapnya.
Dalam satu tim terdiri dari Tenaga kesehatan lingkungan, perawat, apoteker, bidan, dan gizi. Masing-masing memiliki jurusan yang berbeda, mereka akan membantu kinerja pemerintah dalam bidang kesehatan.
“Mereka akan melakukan kerja sama dengan program yang mereka rencanakan. Kami mengharapkan salah satu dari tim ini ada seorang dokter, karena itu harapan dari masyarakat,” katanya.
Untuk sementara, kelima orang tim ini akan ditempatkan di salah satu rumah warga. Pihaknya sedang melakukan komunikasi dengan pemerintah kecamatan agar ditempatkan disalah satu rumah jabatan di Tiworo Selatan.
Salah satu tim Nusantara Sehat, Ratna SST dari Kabupaten Konawe Selatan mengungkapkan, tugas mereka untuk membantu pemerintah setempat dalam bidang kesehatan. Mereka berasal dari daerah yang berbeda.
“Kami berlima semua berasal dari kabupaten yang berbeda, ada dari Sumatra Barat Mayona Maharani SKM dan Resti Febria Roza SFarm Apt. Yang dari Lombok Muh Sopiandi AMd Gz dan Dari Kendari Aldhi Akbar Yontu SKep Ns,” akunya.
Mereka kata Ratna akan melakukan program promotif dan prenvetif di masyarakat, dengan melakukan diskusi dan kerja sama dengan pihak puskesmas terkait program yang sesuai dengan Permenkes. “Kami akan melakukan tugas di puskesmas Tiworo Selatan Selama dua tahun, setiap kami melakukan laporan kerja pada 1 tahun kami akan melakukan evaluasi kerja di Jakarta,” tutupnya. (#)