F02.1-Kepala DPM-PTSP Buteng, Irwan Seni Rajab

Peliput: Hengki TA

LABUNGKARI, BP – Sekitar 50 persen bangunan di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) terutama rumah warga, diperkirakan tidak dilengkapi Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Dengan begitu, Pemerintah Kabupaten Buteng melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) terus melakukan edukasi kepada masyarakat.

Kepala DPM-PTSP Buteng, Irwan Seni Rajab
Kepala DPM-PTSP Buteng, Irwan Seni Rajab

Kepala DPM-PTSP Buteng, Irwan Seni Rajab mengungkapkan, kurangnya masyarakat membuat IMB karena masyarakat berfikir pembuatannya dan kepengurusannya yang begitu sulit. Sehingga, pihaknya terus melakukan edukasi kepada masyarakat, sebab IMB merupakan suatu kewajiban.

Lanjutnya, masyarakat Buteng saat ini sangat kewalahan untuk mencari jasa gambar, sebab dalam prosedur yang ditetapkan hingga seluruh daerah, salah satu persyaratannya gambar harus standar arsitek. Dimana, gambar yang secara ilmiah yang dapat di pertanggungjawaban dan digunakan.

“Masyakat kesulitan dalam hal itu, untu mencari juru gambar. IMB inikan sebenarnya fungsi pengendaliannya terhadap pemanfaatan ruang, yang tidak memiliki IMB maka bangunannya akan di bongkar,”jelasnya.

Kemudian, pihaknya terus melakukan upaya terhadap masyarakat yang belum memiliki IMB, mulai dari surat himbauan hingga surat teguran yang dilayangkan, agar masyarakat segera mengurus IMB.

“Dari ratusan surat yang dikeluarkan, dari Januari-Juli 2020, baru 29 IMB yang terbit. Dan, di Buteng banyak yang sudah membangun namun belum mengurus IMB,” tuturnya.

Dengan adanya hal tersebut, DPM-PTSP Buteng berencana melakukan pemutihan IMB, dimana akan di fokuskan pada bangunan-bangunan yang sudah dihuni dan khsusnya untuk masyakat yang berpenghasilan rendah.

“Bupati sudah setuju untuk melakukan pemutihan IMB, kita juga sudah siapkan tinggal di ajukan, namun karena permasalahan covid-19 maka di tunda, yang rencananya kembali akan dilakukan tahun depan,” tutupnya. (*)

Pin It on Pinterest