Bantuan Sembako dari Pemprof Sultra Sentuh Pekerja Hotel dan Pariwisata Terdampak Covid

Laporan: Ardi Toris

SULTRA, BP-Penyaluran Sembako untuk tahap berikutnya kini menyentuh para pekerja sektor formal di bidang perhotelan. Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai pengampu di sektor ini mendelegasikan penyaluran stimulan pangan tersebut kepada The Agista Foundation (TAF).

Bantuan Sembako diterima Karyawan Hotel dan Wisata

Sebagaimana harus dimaklumi, sektor formal dan informal mengalami pukulan hebat di saat pandemi pertama kali melanda medio Maret 2020. Di awal Agustus 2020, bukan berarti intensitas pandemik menyurut. Para pengambil kebijakan dan publik, masih diresahkan dengan gelombang kedua penyebaran virus corona yang ditandai peningkatan grafik terinfeksi.

Masifitas kondisi pada gelombang kedua ini memaksa Pemerintah Pusat dan Daerah untuk terus mencari jalan keluar (baca: vaksin) dan memperbaiki kondisi stagnan ekonomi di tengah masyarakat. Di sektor pariwisata, khususnya hotel dan restoran, walau belum pulih sepenuhnya, sejumlah pemilik usaha mencoba bangkit dengan segala keterbatasan. Tekanan pada investasi di sektor ini sangat terasa, jika melihat tingkat hunian hotel yang menurun drastis. Penurunan itu ikut menekan omset dan pemenuhan hak tenaga kerja.

Para tenaga kerja sektor formal kepariwisataan juga memahami betul kondisi ini, sehingga mereka tidak mau gegabah mempersulit keadaan. Sebagian besar rekan mereka masih di rumahkan dan menunggu dalam ketidakpastian.

TAF bekerja dengan segenap relawan yang mereka miliki. Selain aktif menjadi penyalur Bantuan Sembako Gubernur Sultra dan Bantuan Sembako Ketua Umum KONI Sultra, para relawan TAF juga dengan senang hati membantu lembaga lain baik pemerintah dan swasta yang ingin menyalurkan bantuan mereka kepada siapapun yang membutuhkan.

Bantuan sembako dari Dinas Pariwisata sebanyak 90 paket, disalurkan kepada karyawan dan staf di dua hotel; Same Boutique Hotel (55 paket) dan Swiss-belhotel Kendari (35 paket), pada Rabu 12 Agustus 2020. Mereka yang mendapatkan bantuan ini adalah karyawan/staf yang saat ini sedang dirumahkan dan bantuan tersebut diserahkan kepada manajemen hotel untuk dikoordinasikan kepada para penerima. Setelah diterimakan, maka TAF akan tetap memastikan semua stimulan pangan itu sampai ke tangan yang berhak.

Para relawan TAF mendapat dukungan relawan dari KONI Sultra. Mewakili TAF, Bpk. Widya Arung Raya, dan mewakili KONI Sultra, Bpk. Muh Tahir (Sekum KONI Sultra), bersama Koordinator Relawan TAF, Ibu Midha Karim, bertemu dengan manajer dua hotel tersebut untuk menyerahkan bantuan.

Semoga stimulan pangan dari Dinas Pariwisata Sultra yang disalurkan oleh Relawan TAF dapat dimanfaatkan, juga sedikit meringankan beban para penerima. []

admin:

This website uses cookies.