La Hardin, S.Pd., MMLa Hardin, S.Pd., MM


Peliput : Amirul — Editor: Hasrin Ilmi


BATAUGA,BP-Rumah Kreatif Buton Selatan adalah sebuah wadah bentukan Dinas Koerasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Buton Selatan untuk memberikan bimbingan, pengembangan, sekaligus pemasaran terpadu produk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang tersebar di tujuh Kecamatan di Busel

La Hardin, S.Pd., MM
La Hardin, S.Pd., MM

Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Busel La Hardin mengatakan bangunan rumah kreatif dalam tahap proses pembangunan dan akan rampung akhir tahun 2020.

Kata Hardin, ia berharap dengan terbangunnya rumah kreatif yang ada di Busel maka semua produk-produk hasil UMKM masyarakat ditujuh kecamatan dapat tertampung disitu dan dikembangkan. Pihaknya telah menyediakan ruang galeri didalam rumah kreatif sehingga hasil-hasil produk UMKM bisa terpajang.

Selain menampung produk UMKM, juga menyiapkan bengkel kreatif untuk dimanfaatkan bagi masyarakat yang memiliki kreatifitas dan inovasi. Di lahan parkir rumah kreatif yang cukup luas juga dapat dimanfaatkan sebagai lokasi ngopi.

“Kita telah berkomunikasi dengan Dinas Komunikasi dan Informasi agar dibuatkan website dan jaringan wifi disitu,” ucap La Hardin saat ditemui belum lama ini.

Ia berharap, rumah kreatif Buton Selatan dapat digunakan diawal tahun 2021. Pihaknya juga akan merangkul masyarakat yang berpikir kreatif inovatif untuk pengembangan produk UMKM sehingga dapat bersaing

Misalnya produk tepung sinkong yang telah dikemas instan menjadi tepung Kaopiku asal Desa Bola, kemudian ada Kopi Rongi atau Hendea, Abon ikan, Bawang Goreng dari Lapandewa, tenunan dan produk lainnya yang masih membranding produknya sesuai nama desanya masing-masing, maka di rumah kreatif diinginkan diubah menjadi satu brand yakni Buton Selatan.

“Hal itu saya telah sampaikan kepada teman-teman pelaku usaha kecil dan menengah, kita menginginkan satu brand yakni Buton Selatan,” tuturnya.

Selain itu Rumah Kreatif ada juga Sekretariat Dekranasda yang merupakan wadah produk kerajinan serta pengusaha kerjainan tangan yang pembinanya langsung oleh Ibu Bupati Buton Selatan Hj Wa Ode Ruhania.

Ia menambahkan, terkait daya beli produk-produk UMKM Buton Selatan seperti Kaopiku cukup diminati orang buton yang ada dirantaui. Salah satu contoh saat kegiatan pamerkan di Batam itepung instan Kaopiku itu banyak digemari oleh masyarakt Buton yang ada disana

“Jadi saat pameran di Batam itu Kaopiku diborong, karena Kaopiku dapat dijadikan pangan khas daerah Buton, misalnya tuli-tuli, onde-onde, sanggara banda dan taripa. Selain Pemasaran Kaopiku telah masuk dibeberapa minimarket didaerah tetangga. Selain itu produk tenunan khas Buton yang diproduksi oleh UMKM juga laris manis disana dan produk lainnya seperti Kopi Rongi,” tukasnya (*)

Nonton Juga Video Berikut:

WARGA WABULA DI BUTON GELAR PESTA ADAT PIDOA’ANO KURI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *