F04.4 Irmawati Irmawati

Peliput: Nelvida A

BAUBAU, BP- Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) Kalipu-lipu laksanakan pembatasan pelayanan kesehatan dengan empat hari kerja.

Penanggung Jawab Poskesdes Kalipu-lipu Irmawati saat ditemui wartawan Baubau Post, Kamis (28/01) mengatakan umumnya masyarakat yang melakukan konsultasi kesehatan memiliki penyakit yakni sakit-sakit badan. Tidak heran mayoritas masyarakat Kalipu-lipu bermata pencaharian sebagai petani (berkebun).

F04.4 Irmawati
Irmawati

” Poskesdes berfungsi mengobati serta memberikan pelayanan ringan terhadap masyarakat Kalipu-lipu, dan kalau sudah berat maka langsung dirujuk ke Puskesmas Induk,” ungkapnya.

Meski demikian, Poskesdes yang merupakan unit kesehatan pembantu Puskesmas Lowu-lowu tersebut secara profesional telah menjalankan tugasnya dengan baik, sesuai petunjuk kebijakan Puskesmas Induk.

Dikatakannya bahwa sistem pelayanan Pustu sebelum memasuki masa pandemi covid-19 yakni 1 kali 24 jam. Namun untuk sementara ini waktu pelayanan dibatasi guna mencegah terjadinya penyebaran virus covid-19.

” Saya melakukan pelayanan kesehatan dari jam 08.00 sampai jam 12 siang saja selama pandemi covid-19,” ujarnya.

BACA JUGA: Awal Semester Genap, SPN-SKB Baubau Tetap Konsisten Laksanakan PBM Daring

Namun jika ada keadaan darurat biasanya pasien langsung ke rumah atau sebaliknya. Meskipun ada pembatasan waktu pelayanan namun pihaknya tetap sedia jika dalam keadaan darurat.

” Jika keadaan darurat maka tetap saya akan layani,” ungkapnya. (#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *