F01.1 RS Siloam Buton di Kota Baubau

Peliiput: Prasetio M

BAUBAU, BP- Sejak berakhirnya Surat Izin Operasional (SIO) RS Siloam per 31 Maret 2021, sejumlah pelayanan kesehatan tidak dibuka. Namun kini dengan telah dilakukan visitasi oleh Dinas Kesehatan Kota Baubau dan Dinas Kesehatan Provinsi Sultra dan mendapatkan rekomendasi SIO, maka pelayanan kesehatan yang sempat terhenti kembali berjalan normal.

F01.1 RS Siloam Buton di Kota Baubau
RS Siloam Buton di Kota Baubau

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Siloam Buton Dr Agung saat dihubungi awak media via seluler, Rabu (07/04).

“Izin operasional sudah keluar. Secara otomatis pelayanan kami buka kembali seperti sedia kala, begitu pula pelayanan bagi peserta BPJS,” ujarnya.

Ia mengatakan, visitas dan izinnya dikeluarkan pada Senin (05/04), sehingga kerjasama dengan BPJS Kesehatan yang sempat terputus kembali dilaksanakan. “Sebelumnya pelayanan hanya pasien emergensi dan hemodialisis. Kini sudah semua, jadi semua sudah tuntas tidak ada masalah lagi, ya,” tutupnya.

Sementara itu Plt Kadis Kesehatan Kota Baubau, Drs. Rahmat Tuta, M.Si saat di temui mengatakan, pihaknya bersama Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Asosiasi Rumah Sakit Cabang telah melakukan visitasi.

” Yang kami visitasi ada tiga hal pokok yang pertama, pelayanan kesehatan, kedua tentang SDM nya dan ketiga menyangkut sarana dan prasarana pelayanan kesehatannya memadai atau tidak,” ujar Rahmat Tuta.

BACA JUGA: Loka POM bersama Dinkes Baubau Gelar Penyuluhan, Ajarkan Pelaku Usaha Cara Produksi Pangan yang Baik

Dan hasil visitasi tersebut, kata pria yang juga menjabat Asisten I Pemkot Baubau, RS Siloam layak untuk mendapatkan perpanjangan SIO. ” Kami lakukan visitasi itu kemarin (Senin) tanggal 05 April 2021 dan keluar juga hasilnya pada hari itu. Dan itu juga sesuai intruksi Walikota Baubau untuk mempercepat proses visitasinya,” tutupnya. (*)