oscardrg. Oscar Primadi, MPH

Jakarta, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan drg. Oscar Primadi, MPH mengatakan program Nusantara Sehat (NS) bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan primer khususnya di daerah. Itu sebabnya peserta NS fokus menangani masalah kesehatan yang ada di masing-masing daerah penempatan.

”Melalui program NS pemerintah berupaya menjamin akses kesehatan dan meningkatkan kualitas atau mutu pelayanan kesehatan dimanapun baik di daerah tertinggal, di level daerah perbatasan, maupun terpencil. Artinya hak masyarakat dalam mendapatkan akses kesehatan terjamin,” kata drg. Oscar pada Pembekalan Tim Nusantara Sehat secara virtual, Jumat (23/4).

Sebanyak 225 peserta NS dengan 33 lokus penempatan di 18 kab dan 10 provinsi. Mereka diharapkan dapat fokus pada peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

oscar
drg. Oscar Primadi, MPH

drg. Oscar mengatakan pimpinan Puskesmas di daerah atau dinas kesehatan setempat sudah punya database, mekanisme, dan manajemen dalam mengatasi masalah kesehatan di wilayahnya. Nantinya harus dilihat terlebih dahulu kondisi masalah yang ada di daerah kerja.

”Di Puskesmas itu dikuatkan apa yang harus dicapai, apa yang ditargetkan, apa yang dilakukan. Saya yakin di sana sudah tertata dengan baik,” ucapnya.

Secara umum ada beberapa fokus pengentasan masalah kesehatan yang juga tertuang dalam RPJMN antara lain akselerasi penurunan angka kematian ibu dan bayi, bagaimana akselerasi percepatan untuk penanganan stunting dan gizi masyarakat, menangani masalah obesitas, dan mengurangi minat merokok terutama pada anak-anak.

Hal itu dapat dilakukan dengan kegiatan inovatif termasuk dengan membudayakan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Masyarakat harus terbiasa dengan makan makanan sehat, membudayakan cek kesehatan secara rutin, dan membudaya perilaku hidup bersih dan sehat.

”Ini harus tertanam di masyarakat tempat kerja saudara-saudara,” tegas drg. Oscar.

Sekjen juga mengingatkan antar peserta NS harus melebur dalam satu kesatuan tim, dan berbaur dengan masyarakat. Tak hanya itu, peserta NS juga harus bekerja secara efektif dan efisien.

baca juga: Indonesia Waspadai Penyebaran Varian Baru COVID-19

”Selamat bertugas, selamat menjalankan tugas di tengah pandemi COVID-19 ini. Tetap disiplin protokol kesehatan, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan memakai masker,” tutur Oscar.(kemkes.go.id)