F4.1 Sekertaris Satgas Covid 19 Baubau La Ode Muslimin Hibali saat memimpin Gelar Apel Pasukan Pemantau Prokes Kota BaubauSekertaris Satgas Covid-19 Baubau, La Ode Muslimin Hibali saat memimpin Gelar Apel Pasukan Pemantau Prokes Kota Baubau

Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP- Untuk menekan penyebaran Covid-19, Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Baubau menggelar apel pasukan tim pemantau penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) di tujuh pintu masuk dan keluar Kota Baubau atau chek point, serta tim pemburu pelanggar Prokes yang bertugas memantau di dalam wilayah kota.

Hal itu diungkapkan oleh Sekertaris Satgas Covid-19 Baubau yang juga menjabat sebagai Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau, La Ode Muslimin Hibali saat dikonfirmasi oleh Baubau Post via seluler, Kamis (10/06).

F4.1 Sekertaris Satgas Covid 19 Baubau La Ode Muslimin Hibali saat memimpin Gelar Apel Pasukan Pemantau Prokes Kota Baubau
Sekertaris Satgas Covid-19 Baubau, La Ode Muslimin Hibali saat memimpin Gelar Apel Pasukan Pemantau Prokes Kota Baubau

” Iyah benar saja pagi ini kami telah menggelar apel pasukan chek point dan tim pemburu pelanggar Prokes di Kota Baubau,” ujarnya.

Dikatakan, tujuh lokasi chek point Satgas Covid-19 Baubau yakni, Pelabuhan Sulaa yang menghubungkan Kota Baubau dan Kabupaten Buton Selatan, Pelabuhan Jembatan Batu, Pelabuhan Murhum, Pelabuhan Ferry di Batulo yang menghubungkan Kota Baubau dan Buton Tengah, Wilayah Sorawolio yang menghubungkan Kota Baubau dan Kabupaten Buton, Wilayah Kecamatan Bungi yang menghubungkan wilayah Kabupaten Buton, Buton Utara, serta kawasan Bandara Betoambari.

Secara tegas, La Ode Muslim Hibali menyampaikan apabila ditemuakn ada masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker mencuci tangan dan menjaga jarak, maka pihaknya bakal meminta masyarakat tersebut untuk kembali kedaerahnya. ” Yang tidak pakai masker kami minta untuk putar balik kedaerahnya,” tegasnya.

Lanjut ia mengatakan, selain tim yang menjaga di pintu masuk keberangkatan, pihaknya juga telah membentuk tim pelanggar Prokes yang bertugas untuk memastikan masyarakat Kota Baubau maupun luar Kota Baubau untuk tetap taat melaksanakan Prokes selama beraktifitas di kawasan publik Kota Baubau. Tim pemburu Prokes akan melaksanakan tugas pemantauan di waktu siang dan malam hari.

” Tim pemburu pelanggar protokoler kesehatan sebanyak 20 orang, dimana yang bertugas pada siang hari sebanyak 10 orang dan pada malam hari 10 orang dan terdiri dari anggota TNI Polri dan Satpol PP Kota Baubau. Sasarannya yakni tempat-tempat keramaian seperti acara pesta dan tempat hiburan malam,” terangnya.

baca juga: Semester Baru, SMPN 11 Baubau Siap Laksanakan Tatap Muka Sesuai Prokes

Ia berharap, melalui tindakan yang dilakukan oleh Satgas Covid-19 Baubau ini dapat menekan penyebaran Covid di Kota Baubau. (*)