F01.6 Paskibra Kota Baubau tahun 2021 sedang menjalani pelatihanPaskibra Kota Baubau tahun 2021 sedang menjalani pelatihan

Laporan: Hasrin Ilmi

BAUBAU, BP-Menjelang peringatan Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke -76 tanggal 17 Agustus 2021, sesuai dengan Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) yang dikeluarkan oleh Menteri Sekretaris Negara , maka upacara 17 Agustus 2021 di Kota Baubau nanti akan tetap dilaksanakan walaupun dalam situasi Covid-19.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Baubau La Ode Darussalam, S.Sos, M.Si kepada sejumlah media di sela-sela latihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kota Baubau Senin (2/8/2021).

F01.6 Paskibra Kota Baubau tahun 2021 sedang menjalani pelatihan
Paskibra Kota Baubau tahun 2021 sedang menjalani pelatihan

Menurut Darussalam, salah satu kegiatan penting dalam kegiatan peringatan 17 Agustus 2021 adalah Pasikbraka. Dimana sesuai dengan surat dari juknis dan Menteri Sekretaris Negara tetap mengacu pada pola 17, 8, 45 dan Kota Baubau telah menganut Paskibra ini dalam pola 17 8 45.

“Sehingga keseluruhan jumlahnya itu 70, dan dari beberapa hari ini kita sudah melatih Paskibra ini dengan jumlah 70 siswa dan siswi yang berasal dari utusan dari SMA, SMK, Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren yang ada di Kota Baubau. Dan telah dilatih selama kurang lebih 2 minggu dengan tetap menggunakan protokol kesehatan yakni menggunakan masker, jaga jarak sesuai petunjuk dari pusat,”ujarnya, sebagaimana dirilis Kominfo Baubau.

Darussalam menambahkan, saat ini Sulawesi Tenggara telah mengirimkan 2 orang Paskibraka ke tingkat nasional yang salah satunya adalah dari Kota Baubau Ainun Jaria Ismail dan sekarang sedang mengikuti pelatihan bersama perwakilan 34 provinsi lainnya se Indonesia. Selain itu, ada 3 siswa dan siswi yang berasal dari SMA Negeri 2 Baubau mewakili Kota Baubau untuk Paskibraka tingkat Provinsi Sultra yang saat ini sudah berada di Kendari untuk mengikuti pelatihan Paskibraka bersama perwakilan 17 Kabupaten/Kota se Sultra.

baca juga: Diakui Ramah Lingkungan, Sekdan Baubau Roni Muhtar Dorong Penggunaan Motor Listrik

Sementara itu, salah seorang pelatih Paskibraka tingkat Kota Baubau Furqan mengungkapkan, metode pelatihan untuk Paskibraka tingkat Kota Baubau memang seperti metode-metode tahun kemarin. Hanya saja dikarenakan tahun ini dalam masa pandemi Covid-19 maka metode pelatihannya yang sudah memasuki minggu kedua latihan tetap menggunakan masker, kaos tangan dan tetap menjaga jarak. “Alhamdulillah perkembangan anak-anak ini bagus ya. Cepat menyesuaikan apa yang kami sampaikan dan gerakkannya sudah mulai kelihatan,”ujar Furqan. (**)

Comments are closed.