Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Buton Selatan Muhammad ThahirKepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Buton Selatan , Muhammad Thahir

Peliput : Amirul

BATAUGA,BP- Sedikitnya 14 desa di Kabupaten Buton Selatan bakal mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2021.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Buton Selatan Muhammad Thahir mengatakan ke 14 desa tersebar di lima kecamatan. Kecamatan Kadatua yang melaksanakan Pilkades yakni Desa Banabungi,Waonu, Lipu, Banabungi Selatan, di Kecamatan Batuatas, Desa Wacuala, Taduasa, dan Batuatas Liwu,

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Buton Selatan Muhammad Thahir
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Buton Selatan , Muhammad Thahir

“Ketujuh desa itu masuk wilayah hukum Polres Baubau,” kata Tharhir saat ditemui di Kantor Bupati, Kamis (⅝).

Sementara ketujuh desa lainnya masuk pada wilayah hukum Polres Buton yakni Kecamatan Lapandewa yakni Desa Burangasi Rumbia, Lapandewa Jaya , Di Kecamatan Sampolawa yakni Desa Bahari I, Desa Gerak Makmur dan Desa Tira, Di Kecamatan Siompu Barat yakni Desa Molana dan Lalole.

Lanjutnya saat ini sudah terbentuk panitia Pilkades tingkat Kabupaten,begitupula sudah terbentuk panitia Pengawasan Pilkades Tingkat Kabupaten.

“Kemudian kita akan berkoordinasi dengan pemerintah Kecamatan untuk membentuk panitia panwas kecamatan. Selanjutnya mensosialisasikan Perbup tentang Pilkades Serentak,” tuturnya.

Ditanya berapa besar anggaran yang disiapkan dalam penyelanggaran Pilkades Serentak yang akan diikuti 14 Desa di Busel, apalagi saat ini masih dalam kondisi pandemik, Kata Thahir sejauh ini masih mengkalkulasi seberapa besar detail anggaran yang disiapkan oleh Pemerintah daerah.

baca juga: Suntikan Ketiga, 649 Nakes di Busel Divaksin Moderna

“Anggaran dari Pemda masih sementara kami hitung seberapa besar, tapi ada anggaran sebesar 8 persen yang telah disiapkan dari DD disetiap desa di Busel sesuai aturan Permendes,” katanya

Ia menambahkan jadwal pencoblasan sesuai tahapan akan digelar pada bulan November 2021 dengan memperhatikan protokol kesehatan. (*)

Comments are closed.