F01.6 Kepala BPJS Ketenagakerjaan Baubau Bobby HarunKepala BPJS Ketenagakerjaan Baubau, Bobby Harun

Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP – Selama tahun 2021 ini Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan) Cabang Baubau atau BPJamsostek Cabang Baubau telah menyalurkan pembayaran klaim santunan para pesertanya sebanyak Rp. 23 Miliyar. Hal itu diungkapkan oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan, Bobby Harun beberapa waktu lalu.

F01.6 Kepala BPJS Ketenagakerjaan Baubau Bobby Harun
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Baubau, Bobby Harun

” Total untuk santunan jaminan yang sudah kami bayarkan itu total sekitar Rp. 23 miliyar untuk di tahun 2021 ini,” ungkapnya.

Dikatakan, jaminan yang banyak diklaim oleh peserta adalah Jaminan Hari Tua(JHT). Dimana menurutnya pengambilan jaminan tersebut dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Klaim JHT yang disalurkan oleh BPJamsostek Baubau berjumlah sekitar 2000 kasus dengan nilai Rp.22 miliyar sisanya merupakan klaim kecelakaan kerja dan kematian.

“Jadi tabungan yang diambil, mungkin juga karena Covid juga kehilangan pekerjaan sehingga banyak masyarakat tenaga kerja yang berbondong-bondong mengambil JHT,” terangnya.

Lanjut ia mengatakan, selain JHT, Jaminan kematian menduduki posisi kedua klaim terbanyak yang telah disalurkan selama 2021 ini, yakni sekitar 100 kasus.

baca juga: Pemkot Kukuhkan Forum Anak Kota Baubau

Untuk diketahui, wilayah kerja BPJS Ketenagakerjaan Baubau mencakupi wilayah Kota Baubau, Kabupaten Buton, Buton Tengah, Buton Selatan, Buton Utara dan Wakatobi. (*)

Comments are closed.