WhatsApp Image 2021 12 16 at 16.20.24 1

Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Baubau menggelar kegiatan serah terima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2022 kesejumlah Satuan Kerja (Satker). Dikarenakan Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, serah terima tersebut hanya diwakili oleh 18 satuan kerja secara luring dari 106 satker penerima DIPA TA 2022.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula KPPN Baubau dan dihadiri langsung oleh Wakil Walikota La Ode Ahmad Monianse, Kamis (16/12).

WhatsApp Image 2021 12 16 at 16.20.24 1
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Baubau menggelar kegiatan serah terima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2022

Dalam sambutannya kepala KPPN Baubau, Hariyanto menyampaikan dalam rangka penanganan pandemi dan mendorong pemulihan ekonomi kedepan, APBN 2022 tetap dirancang mengatasi pandemi COVID yang belum berakhir.

” APBN 2022 dirancang dengan sifat responsif, antisipatif, dan juga fleksibel dalam menghadapi ketidakpastian pada tahun 2022. Selalu berinovasi dan mengantisipasi segala perubahan yang terjadi dengan tetap menjaga tata kelola yang baik,” ujarnya.

Dikatakan, belanja Pemerintah Pusat dalam APBN tahun 2022 sebesar Rp1.944,5 triliun. Sejalan dengan tema kebijakan fiskal yaitu Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural, maka kebijakan dan alokasi APBN 2022 diarahkan untuk peningkatan kualitas SDM melalui pembangunan bidang kesehatan, perlindungan sosial, dan pendidikan, serta prioritas pembangunan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, yaitu bidang infrastruktur, teknologi informasi dan komunikasi (TIK), ketahanan pangan, dan pariwisata.

” Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) pada APBN tahun 2022 sebesar Rp769,6 triliun. Kebijakan TKDD tahun 2022 diarahkan untuk penguatan kualitas desentralisasi fiskal yang diarahkan untuk pemulihan ekonomi dan peningkatan kualitas pelaksanaan guna mendukung kinerja daerah,” ucapnya.

Lanjut, ia mengatakan penyerahan DIPA tahun 2022 dilaksanakan di bulan desember dengan harapan, seluruh satuan kerja dan pemerintah daerah bisa sesegera mungkin untuk mempersiapkan pengadaan dan melakukan pencairan dana sejak awal tahun.

Tak lupa ia juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama meningkatkan intergritas, baik secara individu maupun organisasi, bersinergi dan berkolaborasi dalam pelaksanaan anggaran dengan tetap menjunjung tinggi budaya anti Korupsi, sehingga pelaksanaan tugas dan fungsi dapat berjalan secara optimal, dan pemulihan ekonomi akan berjalan sesuai harapan.

Sementara itu dilokasi waktu yang sama Wakil Walikota Baubau, La Ode Ahmad Monianse mengatakan, Pemerintah Kota Baubau selalu konsisten mendukung setiap kebijakan pemulihan ekonomi yang dijalankan oleh Pemerintah Pusat, sehingga pemulihan ekonomi dan sosial akibat pandemi Covid-19 dapat dipercepat.

Ia juga mengatakan, Pemerintah Kota Baubau akan selalu siap untuk bersinergi bersama guna pelaksanaan pembangunan serta merumuskan kebijakan suksesnya program percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional.

La Ode Ahmad Monianse berharap, pelaksanaan realisasi belanja dari Satker kementerian dan lembaga dapat berdampak secara langsung maupun tidak langsung terhadap daerah khususnya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

baca juga: Wawali Baubau Monianse Tutup Pelatihan Penyusunan Desain Motif Tenun

Untuk diketahui kegiatan tersebut dibuka oleh laporan Kepala seksi pencairan dana dan manajemen KPPN Baubau, Johan Raditya Putra Sayekti selaku ketua panitia yang mengatakan, wilayah pembayaran KPPN Baubau terdapat 103 DIPA Satker instansi vertikal kementerian dan lembaga dengan pagu belanja total sebesar Rp762.838.881.000,- . Selain itu, KPPN Baubau juga melakukan penyaluran Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa sebesar Rp.946.768.123.000, yang terdiri dari DAK fisik sebesar Rp.607.500.745.000, dan Dana Desa sebesar Rp.339.267.378.000,-.. (*)

Comments are closed.