F04.1 Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse buka Musda V KNPIWakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse buka Musda V KNPI

Laporan: Prasetyo M

BAUBAU, BP-Sebagai wadah utama semua Organisasi Kepemudaan (OKP), Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mempunyai andil untuk menyatukan Pemuda. Untuk itu, melalui kepengurusan baru KNPI Kota Baubau tersebut, Pemuda Baubau diminta untuk terus bersatu dan solid.
Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, melalaui sambutannya saat menghadiri dan membuka dengan resmi Musyawarah Daerah (Musda) KNPI Kota Baubau yang ke V, yang diselenggarakan di Hotel Mira Baubau, Kamis (16/12/2021).

F04.1 Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse buka Musda V KNPI
Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse buka Musda V KNPI


“Bapak Wali Kota menitip harapan kepada kita semua, agar Musda KNPI yang ke V Ini dapat berjalan dengan lancar, sukses, serta selesai dengan baik dan menjadi momentum untuk menyatukan pemuda di Kota Baubau,” tutur La Ode Ahmad Monianse dalam sambutannya.
Menurutnya, jembatan untuk menuju Indonesia emas adalah terletak pada sejauh mana kekompakan dan persatuan para pemuda itu terbina. Di mana, dalam kurun waktu 30 Tahun ke depan, Indonesia akan masuk pada masa keemasan, tepatnya 100 tahun Indonesia merdeka.
“Karena di tahun 2045 nanti menurut bapak Presiden, kita harus membawa Indonesia menjadi 3 besar di dunia. Dan itu berdasarkan persyaratan-persyaratan yang dimiliki, kita sudah mempunyai itu. Karena kita memang berharap bahwa di tahun itu kita akan mendapatkan Bonus Demografi,” ujarnya.
Ditambahkan, jika melihat komposisi kepemudaan, saat ini generasi Milenial menduduki posisi 25% dari komposisi penduduk di Indonesia, dan generasi Z menduduki posisi 27%. Dengan demikian, generasi Milenial dan generasi Z menjadi dominan dari jumlah penduduk yang ada di Indonesia.
“Ini adalah sebuah kekuatan besar, makanya tidak salah kalau dulu Bung Karno mengatakan Beri aku 10 pemuda. Karena memang di dalam kepemudaan itu ada sebuah energi besar yang nantinya akan mengantarkan cita-cita kita untuk mencapai hal yang telah kita tetapkan bersama,” imbuhnya.
Untuk itu La Ode Ahmad Monianse berharap, agar melalui wada KNPI tersebut, energi besar yang ada di dalam kepemudaan Kota Baubau tidak bercerai berai. Pasalnya, untuk mewujudkan Visi Pemerintah, yakni menjadikan Baubau sebagai Kota yang Maju, Sejahtera, dan Berbudaya tidak terlepas dari peran aktif para pemuda.
Lebih lanjut Wakil Wali Kota ini berpesan, agar semua keputusan dalam Musda tersebut dapat dijaga dan diamankan secara bersama-sama dengan komitmen yang bulat dan utuh. Dengan demikian, maka keputusan tersebut akan keluar menjadi sebuah legitimasi yang kuat dan dapat menjadi perekat untuk bersatunya Organisasi Kepemudaan di Kota Baubau.

baca juga: Para Perencana OPD Diminta Untuk Tingkatkan Kinerja
“Kepada seluruh OKP yang hari ini juga menjadi peserta, mari kita satukan pemikiran kita, jadikanlah KNPI sebagai satu-satunya wadah untuk bisa berinteraksi. Membangun dan memantapkan kepemudaan kita, agar pemuda ini benar-benar bisa bergaung, bisa bermanfaat, dan bisa mengambil peran-peran penting di dalam membangun daerah ini dan membangun bangsa ini,” tutupnya. (**)

Comments are closed.