kebakaran sekitar tugu kirab

  • Bengkel di Kelurahan Wangkanapi, Sejumlah Motor Pelanggan Ikut Terbakar
  • Rumah Warga di Kelurahan Nganganaumala, Hanya Lantai Dua Yang Terbakar
  • Tidak Ada Korban Jiwa, Namun Kerugian Materil Ditaksir Ratusan Juta

Peliput: Prasetio M

kebakaran di Benkel wiliam Gunung Nona. Jl Budi Utomo
Kebakaran di bengkel yang terjadi di kelurahan Wangkanapi

BAUBAU, BP- Dua peristiwa kebakaran yang terjadi di Kota Baubau menghebohkan warga. Meski terjadi ditempat yang berbeda namun peristiwanya terjadi kurang dari 1×24 jam yaitu sebuah bengkel di Kelurahan Wangkanapi dilahap sijago merah sekitar pukul 00.30 wita dini hari dan rumah warga yang ada di Kelurahan Nganaumala, tepatnya berada di depan eks buton theater terejadi sekirtar pukul 11.25 WITA, Selasa (21/12).

Untuk kebakaran yang terjkadi di Kelurahan Wangkanapi, sejumlah unit kenderaan motor pelanggan yang terpakir didalam bengkel ikut hangus terbakar. Meski tidak ada korban jiwa , namun ditaksir korban kebakaran menderita kerugian materil ratusan juta rupiah.

Kepala Bidang Pemadam Kebaran dan Penyelamatan Kota Baubau La Ode Nuralam Ndoaka saat dihubungi awak media, Selasa (21/12) mengatakan jika semalam pihaknya mendapatkan informasi adanya kebakaran di sekitar pencucian flaminggo dan selanjutnya pihaknya beserta enam unit kendaraan pemadam kebakaran menuju lokasi kejadian.

” Jadi armada damkar ada enam unit, kami juga di bantu armada dari ASDP untuk menyuplai air,” ujarnya.

Dikatakan, kejadian dan informasi yang diberikan kepada pihaknya sangat terlambat, sehingga saat pihaknya kelokasi, api sudah membesar. Olehnya itu pihaknya sesegera mungkin melakukan isolasi sekitaran lokasi kebakaran agar api tidak merembes ke bangunan yang ada di sekitarnya.

” Agak lama kita memadamkan karena kondisi dibengkel tersebut masih ada motor-motor pelanggan yang dititip untuk diperbaiki. Proses pendinginannya juga cukup lama karena ada oli dan minyak yang masih tersimpan di situ, kami balik ke Mako semalam hampit sudah jam 03.00 wita,” terangnya.

kebakaran sekitar tugu kirab
kebakaran di kelurahan Nganganaumala

Sementara untuk kebakaran rumah warga di kelurahan Nganganaumala, Plt Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kota Baubau, Ali Hasan saat ditemui awak media dilokasi kebakaran mengatakan dugaan sementara api berasal dari kosletnya aliran listrik di lantai dua rumah warga tersebut dan hanya menghanguskan sebahagian rumah milik warga.

” Menurut informasi yang kami peroleh kebakaran ini di kanakea tepatnya di kelurahan nganaumala dikarenakan koslet listrik dan kebakaran tersebut hanya menghanguskan sebahagian rumah serta tidak adanya korban jiwa,” ujar Ali Hasan.

Dikatakan, setelah pihaknya mendapat informasi adanya kebakaran, pihaknya langsung bergerak cepat menuju lokasi kebakaran dengan mengerahkan sejumlah armada. Pihaknya hanya membutuhkan waktu selama 2 menit untuk sampai dilokasi kejadian.

” Respon time kami cukup cepat setelah mendapatkan informasi, kami segera menuju lokasi dan dalam 2 menik kami sudah sudah ada di tempat kejadian. Allhamdulilah hanya sebagian rumah yang terdampak kebakaran dan tidak adanya korban jiwa dalam kejadian ini,” terangnya.

baca juga: Buka Turnamen Futsal Haiya Morikana 1 di Waborobo, Wawali La Ode Ahmad Monianse Minta Junjung Tinggi Sportifitas

Lanjut ia mengatakan untuk kejadian kebakaran bengkel semalam yang berada di sekitar wilayah tanah abang, juga diduga disebabkan adanya koslet listrik. (*)

Comments are closed.