Para pemain Timnas Indonesia melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Malaysia di Stadion Nasional Singapura Minggu 19 Desember 2021 malamPara pemain Timnas Indonesia melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Malaysia di Stadion Nasional Singapura, Minggu 19 Desember 2021 malam

JAKARTA – Timnas Indonesia akan hadapi tuan rumah Piala AFF 2021, Singapura di babak semifinal setelah memastikan tampil sebagai juara Grup B, usai sukses libas Malaysia 4-1 di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (19/12/2021).

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memuji penampilan anak asuh Shin Tae-yong yang membuat Malaysia tak berkutik dan raih kemenangan. Kemenangan tersebut, memastikan Indonesia juara Grup B dan akan hadapi Singapura di babak semifinal Piala AFF.

Para pemain Timnas Indonesia melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Malaysia di Stadion Nasional Singapura Minggu 19 Desember 2021 malam
Para pemain Timnas Indonesia melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Malaysia di Stadion Nasional Singapura, Minggu 19 Desember 2021 malam

“Alhamdulillah Indonesia lolos ke semifinal. Luar biasa penampilan pemain. Banyak media asing termasuk Malaysia yang menyebut Indonesia tidak akan lolos ke semifinal. Hari ini kita buktikan bahwa kita bisa mengalahkan Malaysia dan memastikan lolos ke semifinal,” ujar Mochamad Iriawan.

Pria yang biasa disapa Iwan Bule itu berharap, Evan Dimas dan kolega kembali meraih kemenangan dengan membungkam tim berjuluk The Lions tersebut. Bila hal tersebut terjadi, maka Indonesia akan bersua dengan Vietnam atau Thailand yang bertanding partai semifinal lainnya pada hari yang sama.

“Kebahagiaan ini makin lengkap jika kita bisa menyingkirkan Singapura dan lolos ke final untuk mengalahkan Vietnam atau Thailand,” harap Iwan Bule.

Indonesia akan bertemu Singapura dalam dua leg pada laga semi final Piala AFF. Pertama pada 22 Desember 2021, laga kedua 25 Desember 2021. Dua laga tersebut digelar di National Stadium, Singapura.

Shin Tae-yong Ungkap Rahasia Sukses Bungkam Malaysia
Sementara itu, Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong membeberka kunci sukses anak asuhnya meraih kemenangan meski sempat tertinggal lebih dulu.

“Pemain hari ini bekerja keras dan mencetak banyak gol ke gawang Malaysia. Saya mengucapkan selamat dan berterima kasih kepada para pemain timnas Indonesia,” kata Shin Tae-yong.

Kemenangan 4-1 melawan Malaysia membuat Indonesia menjadi juara Grup B. Skuad Garuda punya poin dan selisih gol yang sama dengan Vietnam, namun unggul agresivitas gol. Pada waktu bersamaan, Vietnam mengggulung Kamboja dengan skor 4-0.

Pelatih asal Korea Selatan juga menyatakan kunci pemainnya bisa berbalik unggul menang telak atas Harimau Malaya. Malaysia membuka keunggulan lebih dulu melalui Kogileswaran Raj Mohan pada menit ke-13. Empat gol kemenangan skuad Garuda dilesakkan Irfan Jaya pada menit ke-36 dan 43. Pratama Arhan menit ke-50 dan Elkan Baggott menit ke-82.

baca juga: Dukungan Orang Tua Sebagai Kunci Sukses Vaksin Covid Anak 6-11 Tahun

“Memang sebelum pertandingan selalu ada pertemuan tim, jadi saya tegaskan kepada pemain walaupun kebobolan harus tetap tenang, terus menjalankan instruksi pelatih. Selain itu, kami juga memberikan semangat kepada pemain, agar mereka percaya diri, tidak kalah mental dan tidak boleh kalah saat berduel berebut bola,” pungkasnya.(*)

Comments are closed.