F02.2 Kepala Dinas Kesehatan Buteng KasmanKepala-Dinas-Kesehatan-Buteng-Kasman

Peliput: Hengki TA

LABUNGKARI, BP – Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng), mempercepat vaksinasi Covid-19, guna mencapai target 70 persen dengan mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat. Sebab, capaian vaksinasi dosis pertama di Buteng baru sekitar 41 Persen.

F02.2 Kepala Dinas Kesehatan Buteng Kasman
Kepala-Dinas-Kesehatan-Buteng-Kasman

Kepala Dinas Kesehatan Buteng, Kasman saat dikonfirmasi diruangannya mengatakan, pihaknya mempercepat capaian vaksinasi, dengan membuat strategi vaksinasi setiap hari.

“Itu kita lakukan, sebagai langkah percepatan mengejar ketertinggalan capaian vaksinasi pasca rapat bersama Mendagri Tito Karnavian di Kendari Sabtu 11 Desember 2021 lalu,” jelasnya.

Lanjutnya, untuk percepatan vaksinasi hingga mencapai 70 persen dengan target di akhir Desember, pihaknya mengambil langkah melakukan koordinasi lintas sektor bersama TNI Polri, untuk bisa menyepakati jadwal pelaksanaan vaksinasi setiap hari.

“Lurah dan Camat disurati, untuk menindaklanjuti percepatan vaksinasi tersebut agar intens melakukan sosialisasi,” tuturnya.

Kemudian, tenaga kesehatan di Puskesmas selalu siap melayani vaksinasi. Pelayanan, bukan cuma di puskesmas, sekarang langsung terjun di lokasi sasaran.

Selain itu, pihaknya juga mendapatkan kendala yang dihadapi di lapangan yang cukup kompleks, mulai dari kurangnya antusiasme masyarakat sampai dengan KTP masyarakat yang punya keinginan untuk mengikuti vaksinasi belum online.

Bahkan sebagian masyarakat masih mempersoalkan kebijakan Pemerintah bahwa penerima bantuan maupun semua pelayanan administrasi apapun harus memperlihatkan bukti telah divaksin.

baca juga: Pemkab Buteng Lelang Tiga Jabatan Eselon Dua

“Ini kondisi real di lapangan, masih banyak yang tidak mengindahkan bahwa penerimaan bantuan PKH tidak ada kaitannya dengan vaksinasi,” tutupnya.(*)

Comments are closed.