WhatsApp Image 2022 01 04 at 16.05.44Kapolda Sultra dan Wakil Walimkota Baubau melihat langsung vaksinasi di Kota Baubau

  • Dosis II Akan Digenjot Karena Masih di Bawah 40 Persen

Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP- Pelaksanaan vaksinasi covid-19 tahap I yang diberikan kemasyarakat Baubau telah mencapai angka 71,40 persen. Walaupun telah mencapai angka tersebut, Pemerintah Kota Baubau bersama TNI Polri dan sejumlah instansi terus berupaya memaksimalkan jumlah masyarakat penerima vaksin.

WhatsApp Image 2022 01 04 at 16.05.44
Kapolda Sultra dan Wakil Walimkota Baubau melihat langsung vaksinasi di Kota Baubau

Wakil Walikota Baubau, La Ode Ahmad Monianse saat ditemui awak media usai mendampingi Kapolda Sultra, Irjen Pol Drs, Teguh Pristiwanto saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Bataraguru, Selasa (04/01) mengungkapkan rasa syukur atas kunjungan Kapolda Sultra di Kota Baubau, khusunya meninjau pelaksanaan vaksinasi.

” Dengan kehadiran beliau, maka akan ada lagi percepatan pencapaian target. Posisi kemarin sore kita sudah tembus diangka 71,40 persen dan untuk hari ini dilokasi ini (Puskesmas Barataraguru) ditargetkan ada 1000an lebih penerima vaksin belum termasuk dengan pelayan vaksin di sejumlah tempat lainnya. Semoga hingga sore sebentar kita bisa mencapai angka 72 persen lebih,”ujarnya.

Dikatakan, saat ini juga pihaknya juga terus menggenjot penerimaan vaksin tahap II kepada masharakat Kota Baubau. Penerima vaksin tahap II saat ini masih berada dibawah angka 40 persen, namun dirinya tetap optimis penerima vaksin tahap I akan mau juga menerima vaksin tahap II.

Tak lupa, La Ode Ahmad Monianse terus menghimbau kepada masyarakat untuk mau ikut bersama-sama mensukseskan program pemerintah, khususnya terkait pelaksanaan vaksinasi. Pasalnya selain vaksin aman untuk diri sendiri dan orang lain, kedepannya pelayanan kepada masyarakat baik yang ditetapkan oleh Kota Baubau maupun yang ditetapkan secara nasional, sudah mensyaratkan untuk memiliki sertifikat vaksin.

” Kita lihat sekarang untuk keberangkatan masyarakat harus menyertakan sertifikat vaksin, termasuk pelayanan di kantor kelurahan yang sudah ada edarannya dari walikota. Kalau di OPD sudah dilaksanakan, bahwa mereka tidak akan menerima fasilitas dari negara kalau tidak vaksin,” tutupnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Baubau Sitti Munawar mengatakan, jika untuk pelaksanaan vaksinasi masal di Puskesmas Baataraguru hari ini pihaknya menurunkan lima tim bersama dua tim dari Polres Baubau.

” Awalnya kami terjunkan empat tim dari sejumlah Puskesmas Kota Baubau, dan dua tim dari Polres. Namun karena antusiasnya masyarakat jadi kami tambah satu tim lagi, sehingga yang ada saat ini total tujuh tim,” ucapnya.

Ia mengatakan, untuk terus meningkatkan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat, pihaknya telah meminta agar masing-masing Puskesmas untuk membagi dua tim yang melakukan vaksinasi tiap harinya. ” Jadi selain tim vaksinasi yang siap dipuskesmas, juga ada tim yang melakukan vaksinasi ditengah-tengah masyatakat,” bebernya.

baca juga: Hujan Sehari, Kota Baubau ‘Dikepung’ Genangan Air

Untuk diketahui, usai memantau pelaksanaan vaksinasi, Kapolda Sul tra, Irjen Pol Drs, Teguh Pristiwanto, bersama rombongan langsung menuju Markas Komando (Mako Polres Baubau). Dalam pemantauan vaksinasi, turut hadir, Kapolres Baubau, Wakil Walikota Baubau, Dandim 1413/Buton, MNGXCAKetua DPRD Kota Baubau serta sejumlah unsur Forkopimda Kota Baubau. (*)

Comments are closed.