F04.1 Kepala Stasiun Meteorologi Betoambari Hadi Setiawan Kepala Stasiun Meteorologi Betoambari, Hadi Setiawan

Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP- Cuaca diawal tahun 2022 ini, untuk Kota Baubau dan daerah sekitarnya diperkirakan masih mengalami curah hujan yang cukup tinggi. Keadaan tersebut akan berlangsung hingga bulan Maret 2022.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Stasiun Meteorologi Betoambari, Hadi Setiawan saat ditemui media Baubau Post, Kamis (06/01).

F04.1 Kepala Stasiun Meteorologi Betoambari Hadi Setiawan
Kepala Stasiun Meteorologi Betoambari, Hadi Setiawan

” Dilihat dari karateristik iklim Baubau sendiri, itu sebenarnya untuk bulan januari curah hujannya masih tinggi, febuari juga masih, maret juga masih tinggu curah hujannya, kemudian april mulai menurun, mei, juni sudah menurun. Ini grafik periode 30 tahunan dan dari grafik ini bisa ditahu kondisi karateristik iklim disatu wilayah itu,” ujar Hadi.

Dikatakan, apabila curah hujan tinggi tidak menutup kemungkinan adanya angin kencang dan petir. Olehnya itu masyarakat diminta untuk selalu waspada dalam melaksanakan beraktifitas dimusim hujan seperti saat ini.

Tak lupa ia mengingatkan, kepada masyarakat yang memiliki pohon yang rimbun dan usianya sudah cukup tua untuk lebih baik dipangkas, agar terhindar dari hal-hal yang membahayakan dirinya dan orang lain. Selain itu bagi masyarakat yang berkatifitas diwilayah rawan longsor juga diimbau untuk berhati-hati saat terjadinya hujan disertai angin kencang.

” Termasuk masyarakat yang berkendara di malam hari, untuk semakin meningkatkan kewaspadaanya saat berkendara dikondisi cuaca hujan terutama saat malam hari. Karena beberapa hari ini hujan sering terjadi diwaktu sore dan malam hari,” terangnya.

Sementara itu berdasarkan peringatan dini gelombang tinggi yang dikeluarkan oleh Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, bahwa pada 06 Januari 2022 hingga 09 Januari 2022, pola angin umumnya dari Barat Daya – Barat Laut dengan kecepatan 2 – 20 Knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Banggai bagian Utara daan Selatan.

baca juga: Baubau Jadi Tuan Rumah Bersama Porprov XIV , Ahmad Monianse: Semua yang Beraktifitas Diarena Harus Sudah Divaksin

” Tinggi gelombang 1,25 – 2,5 meter (sedang) berpeluang terjadi perairan Banggai bagian Utara,” ucapnya. (*)

Comments are closed.