F04.1Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Kota Baubau La Ode Muslimin HibaliKepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau, La Ode Muslimin Hibali

Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Baubau mebcatat satu kasus bencana alam dengan kategori sedang yang terjadi selama tahun 2021. Bencana tersebut yakni amblasnya tanah di pemukiman warga Kelurahan Katobengke, Kecamatan Betoambari.

F04.1Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Kota Baubau La Ode Muslimin Hibali
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau, La Ode Muslimin Hibali

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau, La Ode Muslimin Hibali saat ditemui media, Senin (10/01).

” Ada satu bencana alam dengan kategori sedang yaitu, amblasnya tanah di Kelurahan Lipu pada awal januari 2021 kemarin. Ada enam rumah mengalamami kerusakan atas dampak bencana tersebut,” ujarnya.

Dikatakan, selain bencana alam tanah amblas tersebut, ada juga bencana kebakaran, genangan air dan dampak dari cuaca ekstrim angin kencang. ” Sesuai laporan yang kami terima ada dua rumah yang sebagian atapnya diterbangkan oleh angin,” ungkapnya.

Lanjut, untuk tahun 2021, bencana tanah longsor tidak terjadi di Kota Baubau, namun masyarakat yang beraktifitas diwilayah rawan longsor seperti Hutan Tirta Rimba (Air Jatuh-red) untuk tetap terus waspada. Pasalnya saat ini Kota Baubau dan sekitarnya masih berpotensi terjadinya hujan yang cukup deras.

” Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak dinginkan, kami tetap menyiagakan personil dilapangan,” ucapnya singkat.

baca juga: Stasiun Meteorologi Kendari Peringatkan Gelombang Tinggi Diperairan Baubau Bagian Selatan Dari Tanggal 10-13 Januari 2022

Tak lupa La Ode Muslimin Hibali, tetap menghibau kepada masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaaan dan kehati-hatian, apabila beraktifitas saat cuaca tidak bersahabat. (*)

Comments are closed.