ktr Lapas bau2


Laporan : Hasrin Ilmi
BAUBAU,BP-Kantor Lembaga Penyarakatan (Lapas) Baubau yang baru rencananya mulai di bangun tahun ini (2022-red). Pembangunan kantor baru ini tentunya akan menjawab kersahan warga binaan yang sudah overload dari kapasitasnya.

ktr Lapas bau2

Kepala Lapas Kelas IIA Baubau, Herman Mulawarman kepada sejumlah wartawan mengatakan, kepastian pembangunan kantor Lapas Baubau yang baru disampaikan Kenkumham pertengahan Desember 2021 lalu.

Dikatakan, pengusulan pembangunan Lapas baru sebenarnya sudah dilakukan sejak dua tahun lalu. Namun saat memasuki pandemi Covid 19 sehingga banyak pengurangan dan pemotongan anggaran.

“Pengusulannya sudah dua tahun yang sudah melalui proses-proses tiba-tiba terjadi pandemi akhirnya tertunda karena anggaran untuk itu dialihkan untuk penanganan covid 19,”ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, dari perencanaan yang ada saat ini lapas di Nusakambangan sebanyak tiga UPT, sehingga pihaknya optimis tahun 2022 Lapas baru di Baubau.

Untuk itu,pembangunan lapas baru akan menjawab keresahan napi yang jumlahnya sangat overload lebih dari 100 persen.

Data akhir tahun penghuni Lapas Baubau mencapai 436 orang, padahal idealnya sesuai volume dan jumlah ruangan harusnya dihuni 216 Napi.

baca juga: Update Harga Sembako di Baubau, Harga Cabe Turun, Minyak Kelapa masing Tinngi, harga Telur Jumbo Naik

Pembangunan Lapas baru berlokasi di Wakonti Kelurahan Kadolokatapi, Kecamatan Wolio dengan lahan persiapan seluas 5 (lima) hektar yang sebelumnya telah masuk tahap pengusulan draft dan gambar. Bangunan kantor baru nantinya akan dilengkapi sarana olahraga untuk menunjang aktivitas para warga binaan.(*)

Comments are closed.